Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare By BioFarma

Hari Minggu 27 Januari 2019 yang lalu aku dan keluarga punya weekend yang berfaedah sekali karena kami menghadiri kegiatan seru bersama beberapa komunitas di Bandung dengan segudang ilmu tentang kesehatan yang didapatkan pada soft launching Imunicare by Biofarma.

Dalam acara soft launching kemarin Biofarma resmi mengumumkan bahwa klinik khusus imunisasi dan vaksin kini dibuka secara umum untuk melayani konsultasi tentang vaksinasi serta pelayanan vaksin nya sendiri. Sebenarnya sudah lama masyarakat tahu bahwa selain sebagai laboratorium terbesar memproduksi berbagai jenis vaksin, antiserum, dan KIT di Biofarma pun menerima layanan imunisasi atau vaksinasi secara langsung hanya saja agar lebih elegan maka klinik ini di branding kembali secara khusus dengan nama Imunicare.

Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare

Mengusung tema Petualangan Imunisasi bersama Imunicare pelataran Biofarma kemarin disulap menjadi sangat menarik untuk sarana piknik ditaman bersama keluarga.

Banyak keluarga yang hadir mengikuti kegiatan ini termasuk diantaranya hadir dari beberapa komunitas parenting di Bandung, aku sendiri datang sebagai perwakilan dari komunitas Bandung Hijab Blogger bersama empat teman lainnya. Acara nya terbilang sukses karena digelar di dua tempat yaitu di pelataran Eduplex – Dago saat berlangsung Car Free Day disana Biofarma bersama Imunicare menggelas kegiatan talk show serta senam dan jalan sehat. Acara di pelataran Biofarma pun berlangsung sangat meriah karena para orangtua berkesempatan mendapatkan edukasi tentang vaksinasi yang beberapa waktu lalu hingga saat musim imunisasi tertentu selalu ramai dijadikan perdebatan di kalangan orang tua.

Sedangkan anak-anak bisa asyik berpetualangan bersama kakak-kakak dari Tepuk Tangan mendengarkan cerita, melakukan kegiatan menari bersama, menyelesaikan berbagai tantangan, serta membuat permainan board game dari kreasi.id lalu petualangan diakhiriย dengan eksplorasi ke Museum Biofarma.

Museum Biofarma
Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare ke Museum Biofarma

Anak-anak diberi kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang imunisasi lalu eksplorasi ke Museum Biofarma. Manfaat yang dirasakan adalah anak-anak menjadi tidak takut untuk imunisasi karena mereka mengetahui manfaatnya.

Bahkan tidak sedikit anak-anak yang mempunyai mimpi menjadikan profesi dokter dan ilmuan sebagai cita-cita mereka.

Museum Biofarma
Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare

Keseruan kegiatan bermula dengan sambutan dan membunyikan terompet sebagai simbol soft lauching Imunicare.

Soft Launching Imunicare
Peresmian Imunicare Oleh Direktur Utama Pemasaran Biofarma Sri Harsiteteki

Acara dibuka oleh Ibu Sri Harsiteteki selaku Direktur Utama Pemasaran Biofarma dengan membunyikan terompet sebagai tanda resmi Imunicare telah dibuka. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan acara talk show di moderatori MC dari radio Sonora FM yang disiarkan live on air.

Soft Launching Imunicare By Biofarma
Dr. Mahsun Muhammadi M.KK

Dr. Mahsun Muhammadi M.KK mengenalkan bahwa Biofarma sudah eksis selama 1890 itu berarti sudah 129th umur Biofarma berperan penting di dunia kesehatan dunia menciptakan vaksin untuk kesehatan.

Beliau menjelaskan pula tentang Imunicare adalah sebagai layanan resmi vaksinasi
Biofarma sudah melayani vaksinansi selama 30th lalu yang kini membranding kembali layanan vaksinansi khusus di klinik pratama Biofarma dengan nama Imunicare.

Yang spesial dari klinik Imunicare ini terjamin mutunya dan terjamin keasliannya serta menyediakan vaksin yang lengkap.

Produk Vaksin Biofarma

Imunicare - Klinik Vaksinasi
Museum Biofarma

Selain sudah berpengalaman selama 129 tahun di bidang vaksin dan antisera Biofarma juga telah menjadi pemasok utama vaksin yang diekspor ke 132 negara termasuk diantaranya 49 negara mayoritas Muslim karena produknya memang mempunyai kualitas internasional, berdaya saing global, produknya ramah lingkungan, kemudian produk-produknya telah meraih banyak penghargaan WHO Pre-Qualification.

Ada pun beberapa produk vaksin, Anti Serum, dan Kit Diagnostik dari Biofarma yang bisa didapatkan di layanan Imunicare adalah:

Produk Vaksin

  1. Vaksin Poliomyelitis – Oral Bivalen Tipe 1 & 3 (bOPV)
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit Poliomyelitis yaitu vaksin yang mengandung virus Polio hidup yang dilemahkan tipe 1 & 3. Vaksin ini biasanya diberikan empat kali mulai dari usia 0, 2, 3, dan 4 bulan.
  2. Vaksin campak
    Vaksin campak ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit Campak. Vaksin ini berbentuk beku kering, mengandung virus campak hidup yang dilemahkan. vaksin ini mulai diberikan pada anak usia 9 bulan, lalu di usia 18 bulan sebagai dosis booster atau dikenal dengan imunisasi ulangan.
  3. Vaksin Flubio (Vaksin Influenza HA)
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus Influenza. Vaksin ini mengandung strain untuk tipe A (H1N1 & H3N2) dan tipe B yang disesuaikan rekomendasi WHO untuk Northern Hemisphere.
  4. Vaksin Hepatitis B Rekombinan
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit hepatitisย  B. Kandungan danam Vaksin ini adalah antigen virus hepatitis B (HBsAg) yang dihasilkan dari biakan sel ragi dengan teknologi rekayasa DNA.*FYI Vaksin ini diberikan dalam bentuk uniject kemasan prefilled injection device dengan dosis 0,5 mL untuk usia dibaha 10 tahun dan 1 mL untuk diatas usia 10 tahun. Vaksin ini diberikan sesuai jadwal yaitu : 0-1-6 bulan atau 0-1-2 bulan atau 0-7-21 hari. lalu vaksin ini diberikan hanya untuk dewasa yang bepergian ke daerah endemisitas tinggi sehingga memberikan perlindungan cepat.
  5. Vaksin BCG
    Vaksin ini dikenal untuk pencegahan terhadap penyakit Tuberkulosis mengandung bakteri Mycobacterium bovis hidup yang dilemahkan. Vaksin ini mulai diberikan pada bayi dibawah satu tahun sebanyak 1x.
  6. Vaksin Jerap Td danย Vaksin Jerap Bio-Td
    Kedua vaksin ini mengandung toksoid tetanus dan toksoid difteri murni. Digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit Tetanus dan Difteri dan diberikan sebagai dosisi booster untuk individu mulai usia 7 tahun.Pada dasarnya keduanya mempunyai fungsi dan kandungan yang sama hanya saja berbeda pada kemasan dan dosis.
  7. Vaksin TT danย Vaksin Bio-TT
    Vaksin ini mengandung toksoid tetanus murni digunakan untuk pencegahan penyakit Tetanus dan Tetanus Neonatorum (Tetanus pada bayi baru lahir)*Untuk perbedaan kedua jenis vaksin ini bisa langsung konsultasikan pada dokter di Biofarma
  8. Vaksin Pentabio
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit difteri, tetanus, pertusis (batuk rejan), hepatitis B, dan infeksi Haemophilus influenza tipe B secara simultan. Vaksin ini diberikan tiga kali pada usia 2, 3, dan 4 bulan lalu diberikan lagi pada usia 18 bulan untuk dosis booster.

Produk Anti Serum

  1. Serum Anti Bisa Ular (BioSAVE)
    Antiserum digunakan untuk pengobatan terhadap gigitan ular berbisa yang mengandung efek neurotoksik (Naja sputatrix – ular kobra dan Bungarus fasciatus – ular belang) dan hemotoksik (Agkistrodon rhodostoma – ular tanah)
  2. Serum Anti Tetanus (BioSAT 1.5)
    Antiserum ini mengandung antioksidan tetanus 1.500 IU/mL digunakan untuk profilaksis dan pengobatan terhadap tetanus.
  3. Serum Anti Difteri (Bio-ADS)
    Antiserum ini mengandung antioksidan difteri 2.000 IU/mL digunakan untuk pengobatan terhadap difteri.

KIT Diagnostik

  1. Tuberkulin RT 23 SSI (2 TU)
    Kit diagnostik ini digunakan untuk mendeteksi infeksi tuberkulosis (Uji Mantoux). Dosis yang digunakan adalah 0,1 mL cairan PPD RT 23. Hasil pengujian test ini memerlukan waktu 48-72 jam setelah penyuntikan untuk dapat mengetahui hasilnya biasanya dokter menyarankan untuk tidak memakai atau menghindari beberapa bahan kimia terkena pada bekas suntikan agar tidak menghilangkan efek KIT karena kemungkinan akan merusak hasil test nya.

Lengkap sekali kan varian vaksin yang dimiliki imunicare, ya iya lah toh Imunicare memang membuatnya sendiri. Nah, manfaat dan keuntungannya sendiri jika kita vaksin di Imunicare ini banyak sekali seperti keutamaan kelengkapan vaksin, kualitas yang terjamin, keasliannya terjamin, harganya lebih terjangkau karena membeli langsung dari pusatnya.

Isu Gen Babi Pada Vaksin

Sharing seputar acara Imunicare

Saat sesi talk show kemarin aku berkesempatan bertanya tentang isu vaksin yang mengandung gen babi yang membuat beberapa kelompok menjadi antivaksin lalu isu vaksin yang tidak logis karena justru memasukkan virus kedalam tubuh (seperti penjelasan kandungan vaksin diatas). Alhamdulillah saat itu juga aku mendapatkan jawaban dari ahlinya langsung dan terjawab dengan sangat jelas.

Dr. Mahsun Muhammadi M.Kk menjelaskan kenapa sampai ada antivaksin, katanya beberapa alasan ini lah yang menjadi kekhawatiran orang tua yang antivaksin seperti :

  1. Terkait efek samping
    Kita semua tahu bahwa efek samping dari vaksin itu adalah timbulnya gejala demam atau alergi (namun jarang terjadi) padahal demam adalah reaksi tubuh yang menerima dengan baik kandungan vaksin tersebut dan menjadi boost efek demam juga menandakan vaksin yang disuntikkan mempunyai kekebalan yang lebih baik dibandingkan vaksin yang memberi efek demam yang kecil.
  2. Ketidak tahuan manfaat tentang vaksin
    Vaksin adalah salah satu jenis ikhtiar imunitas, mencegah penyakit yang datang melalui virus kalau pun sampai terserang maka dampaknya tidak akan terlalu parah jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak di vaksin.
  3. Kandungan vaksinasi
    Dr. Mahsun mengungkapkan dengan rinci tentang ini dengan sangat hati-hati karena memang banyak kasus keraguan pada kebanyakan orangtua. Kandungan vaksinasi yang terbuat dari virus itu sendiri membuat ragu beberapa kalangan karena dianggap tidak logis padahal salah satu cara melawan virus itu adalah dengan jenis virus itu sendiri namun dalam kasus vaksinasi virus itu telah dilemahkan lalu diambil bagian yang bermanfaatnya saja.Ada pun isu tentang gen babi itu adalah proses yang bersinggungan di awal saja selanjutnya vaksin akan mengalami beberapa proses lagi untuk menjadi sebuah vaksin beku dan Insya Allah sudah hilang terkikis beberapa proses itu dan yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua vaksin bersinggungan dengan tripsin gen babi hanya vaksin Campak Rubela – MR saja.

Kabar baiknya semua jenis vaksin di Imunicare sendiri saat ini satu persatu sudah didaftarkan ke lembaga Halal MUI dan beberapa vaksin sudah mempunyai label Halal MUI. Untuk mendapatkan sertifikat halal MUI ini tahapannya berproses tidak bisa langsung didapatkan semua untuk setiap jenis vaksin nya karena ada tahap pemeriksaan kembali.

Rangkuman

  • Vaksin itu mencegah virus berbahaya.
  • Bakteri/Virus yang digunakan adalah virus yang sudah dijinakkan, hanya sedikit bagian dari virus yang diambil komponennya untuk dijadikan antibody.
  • Tentang kandungan vaksin, tidak semua vaksin itu dengan enzim tripsin tidak mengandung DNA babi. MR adalah contoh vaksin Campak Rubela yang bersinggungan dengan tripsin di awal.
  • Tentang pemberian immunisasi yang terlambat ternyata bisa dijadwalkan kembali dengan syarat sebelumnya sudah dikonsultasikan dan dijadwalkan oleh dokter specialist dari Imunicare.
  • Usaha biofarma kini sudah dalam naungan dan bekerjasama dengan KEMENKES
  • Biofarma sedang mendaftarkan semua jenis vaksinnya ke LPOM MUI agar kepercayaan masyarakat makin terjaga.
  • Biofarma adalah produsen vaksin berskala global
  • Biofarma mempunyai klinik dengan nama Imunicare
  • Biofarma punya museum yang 100% saham milik pemerintah jadi tentu saja ini adalah milik kita

Semoga apa yang aku share ini bermanfaat ya, sumber tulisan aku ini berdasarkan brosur dan tentu rangkuman dari penjelasan Dr. Mahsun Muhammadi M.Kk

75 COMMENTS

  1. Acara edukatif semacam ini memang harus sering diadakan, soalnya masih banyak orang yang kemakan isu bahwa vaksin mengandung babi. Btw, jadi salah fokus ke ular-ular di Museum Biofarma. Ngeri sekaligus penasaran.

  2. Wow seru yaa acaranya. Ini mah tidak membosankan buat anak-anak juga. Apalagi kesan imunisasi yang biasanya gimana gt karena berkaitan dengan suntik-menyuntik, haha which is momok buat anak2 kebanyakan. Keren iih acara imunicare dr biofarma ini.

  3. yang kayak gini perlu banget disebarluaskan. biar para moms nggak lagi khawatir soal berita hoax terkait vaksin. sedih aja gitu lho berita2 yang nakutin, padahal vaksin kan puenting banget

  4. Hihi judulnya unique mom.
    Btw hgga detik ini Aku msh berprinsip imunisasi itu printing bgt bagibanak, setifaknyabupaya kita mencegah penyakit pd anak dan sekitarnya ๐Ÿค—

  5. Bicara soal imunisasi aku itu pro banget. Nah untuk imunicare biofarma ini aku baru tahu mba, ternyata memproduksi berbagai vaksin, aku kira selama ini vaksin itu diproduksi hanya satu perusahaan aja. Tapi acara nya pasti keren sangat memberikan edukasi apalagi buat emak2 ๐Ÿ™‚

  6. Aku terpana dnegan usia Biofarma..129 tahun
    Wah pekerja pertamanya saja pasti sudah enggak ada di dunia. Terbayang pengalaman mereka di pervaksinan ini pasti sudah juwara sekali.
    Dan aku sendiri termasuk tim pro vaksin sejak dulu. Pengalaman anak pertamaku cacat dan meninggal saat 13 hari di mana aku diduga dokter tertular virus atau semacamnya saat hamil. Karena masih banyaknya orang Indonesia yang enggak divaksi. Jadi vaksin memang penting!!

  7. Seru petualangannya mbak. Apalagi jadi nambah ilmu juga tentang vaksin langsung dari perusahaan biofarma. Keren deh. Coba kalau ada event seperti ini juga di kota saya. Pengen banget ikut. Btw thanks for sharingnya mbak

  8. Baca ini jadi menjawab semua pertanyaanku tentang vaksin, terutama yg babi.

    Terus aku suka kesel sama org tua yg ga mau vaksin anaknya, landasannya cmn katanya katanya. Padahal klo telaah lebih jauh, baca literatur, rekomendasi pemerintah dan anjura ulama, vaksin iu harus.

    Jadi pengen main ke museum biofarma dan ke Imunicare ๐Ÿ˜

  9. kadang, orang tua malas memvaksin anaknya karena setelah divaksin anaknya langsung sakit (biasanya demam), padahal vaksin sangat penting untk melindungi anak-anak kita dari penyakit berbahaya yaa

  10. Buat Ujame yang belum menikah, baca artikel bunda jadi nambah pengetahuan banget..
    Ternyata vaksin itu sebanyak itu ya :’)
    Alhamdulillah informasi baru, anggap aja persiapan hahaha
    TFS ya bund :*

  11. acaranya seru bangeeet ya Mba..dan penting mendapat penjelasan yang clear tentang imunisasi dan juga prosesnya dan pentingnya untuk anak-anak kita. Aku juga penasaran deh degna museumnya.

  12. Isu vaksin yang terjadi beberapa bulan silam sebenarnya mengganggu, ada banyak kabar bohong yang tak logisserta pakai dalil dan penelitian yang diragukan malah menghasilkan kubu yang mendunmgng antivaksin. Duh, bikin pusing saja.
    Saya mendukung gerakan vaksinasi massal demi kebaikan anak saya dan masyarakat Indonesia. Saya kira tak sembarangan ilmuwan bekerja, kalau ada yang menyangsikan dan berasumsi macam-macam yang menjurus fitnah karena kesoktahuan, maka itu berdosa.
    Baguslah Biofarma berupaya mendekatkan diri pada masyarakat dengan mengenalkan produknya seperti apa, juga klinik yang menyediakan layanan vaksin. Itu akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan selain mengedukasi kesadaran masyarakat sendiri agar tak termakan isu simpang-siur yang menyesatkan.

  13. Wah seru banget ya mbak acaranya dan sangat inspiratif. Orang tua jadi tahu macam2 imunisasi dan manfaatnya. Bahkan anak juga teredukasi tentang imunisasi. Dengan membaca tulisan ini, saya jadi paham bahwa pemberian imunisasi untuk anak itu aman, karena vaksin yang disuntikkan kedalam tubuh anak memang sebelumnya sdh diuji dan terbukti aman tanpa efek samping. TFS ya mbak.

  14. Aku malah baru tau kalau Biofarma itu klinik khusus umunisasi dan vaksin. Enak juga ya kalau ada pelayanan khusus kaya gitu jadi gak perlu ke rumah sakit.
    Biofarma namanya diganti jadi imunicare pastinya pelayanannya juga ditngkatkan ya yang gak menyeramkan buat anak-anak.
    Rebrandingnya juga boleh bawa keluarga, jarang2 kan event blogger untuk keluarga kaya gini. Sukses buat Imunicarnya biofarma.

  15. Beneran berpetualang ya.. banyak banget simulasi alat-alat kesehatan saat event imuncare.. bicara soal imunisasi, akutuh belum pernah deh ke rumah vaksin gini, nah seingat saya masalah kehalalal yang masih jadi abu-abu saat itu.. jadi aku pilih yang aman yaitu di Rumah Sakit. Jika imuncare ini menawarkan vaksin halal, harga terjangkau dan lokasi dekat dengan rumah kita, sudah tentu akan vaksin di imuncare ini

  16. Aku beru tau biofarma, selama ini cuma yg disarankan dokter aja. Tapi informasi soal vaksinnya lengkap bgt, terutama utk ibu2 di daerah wajib tau krna banyak yg menghindari vaksin akibat masalah vaksin palsu.

  17. Aku suka banget kalau ada program sosialisasi soal vaksin dan imunisasi kayak gini. Semoga kegiatannya merambah ke pelosok desa yg banyak anti vaksin. Apalagi acaranya bagus dan interaktif ๐Ÿ˜

  18. AKu suka banget tulisan macam gini bebs, tadi ada beberapa kalimat yg aku kurang paham tak baca ulang tetep nggak ngerti akhirnya ada beberapa yg tak screenshot, penting bgt nihh infonya <3 pasti seneng bgt dahh ikut acara gini dpt bnyk ilmu, cz aku tertarik bgt bidang kesehatan ๐Ÿ˜

  19. Baru ini saya tahu secara lengkap apa itu vaksin beserta penjelasan kandungannya. Kalau dijelaskan seperti ini kan kitanya enak yah mau vaksin buat anak dan kita juga. InsyaAllah nggak akan percaya lagi dengan info yang suka simpang-siur nggak jelas itu. Semoga anak2 Indonesia semua sehat2 selalu yaaa ๐Ÿ™‚

  20. Alhamdulillah Biofarma sudah memiliki sertifikat Halal MUI ya untuk vaksin-vaksinnya. Jadi para orang tua yang tadinya antivaksin karena mengkhawatirkan kondisi halalnya bisa jadi yakin untuk memberikan vaksin pada anak-anaknya. Sudah halal lhooo..

  21. Wah seruuuu. Ini sih edukasi yang bagus buat masyarakat biar gak ragu vaksin ya mbak.
    Aku pengen deh kapan2 ajak anak2 juga ke museum Biofarma.
    Moga masyarakat kita makin banyak yg sadar vaksin kalau udah dapat sertifikasi halal MUI semua ya vaksin2nya.

  22. Konsep yang diusung dari layanan resmi vaksinasi Biofarma ini unik ya, Mbak. Tentu akan menarik minat banyak keluarga. Pun, mereka akan lebih paham akan pentingnya vaksinasi.

  23. Mbaak, merinding disko lihat ular-ular di belakang anakmu itu, hiiiihh.
    Tapi kelihatan seru banget ya punya kesempatan untuk main-main ke museum biofarma. Thanks a lot untuk penjelasan isu babi pada vaksinnya, saya insya allah sangat pro vaksin

  24. dapat ilmu lagi deh karena baca postingan ini
    lucu2 banget sih tempat spot fotonya gemash deh kalau ada event yang nyediain spot foto instagramable gitu ahahay anak2 happy juga mamak senang pefotoan.
    lucu tuh si dedek takut uler hahah

  25. Suka deh liat acaraw edukatif kaya gini. Anak2 suka nanyain soal kenapa mereka harus disuntik. Coba lagi di bandung, ku pasti ikut. Boots nya menarik2 ya. Keren sumpah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  26. Wahhh kalau sudah Halal MUI sudah tidak takut lagi menggunakannya atau ada isu isu yang beredar diluar ya, imunicare ini memiliki banyak manfaat yang luas yaa.. Wahh jadi ilmu yang bagus buat nanti nanti wueheh ๐Ÿ˜€

  27. Wah aku baru tau lho kak ada klinik khusus imunisasi ama vaksin. Dan ini semua infonya berguna banget sih apa lagi mengenai isu2 tentang vaksin itu

  28. Edukasi tentang vaksin ini penting banget ya, mak. Apalagi buat yang masih single kayak aku ini. Jadi bekal banget deh buat masa depan kalau udah berkeluarga. Harus banyak-banyak baca, research, dan cari tahu. Keep sharing ya, mak. Info beginian nih super penting buat semua orang.

  29. Edukasi tentang vaksin ini penting banget ya, mak. Apalagi buat yang masih single kayak aku ini. Jadi bekal banget deh buat masa depan kalau udah berkeluarga. Harus banyak-banyak baca, research, dan cari tahu. Keep sharing ya, mak. Info beginian nih super penting buat semua orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here