Well setelah kemarin aku ikutan Beauty Class yang aku share di blogspot sebelumnya postingan kesininya makin suka bahas soal beauty. Seperti sekarang aku juga mau bahas itu!

Bukannya aku sudah ngerasa jago tapi ini memang kebutuhan aku sendiri yang mesti banget buat ditulis biar gak lupa karena catatan itu adalah pengikat ilmu meski baru seuprit tapi ini ilmu baru buatku yang newbie πŸ˜€

Aku sering merasa malas kalau habis make up-an karena hasilnya kurang begitu memuaskan ternyata memang aku kurang ilmunya sist make-up itu bukan cuman nempel doang tapi ini butuh sklill makanya sama MUA itu jangan suka nawar murah-murah loh nanti hasilnya cuman make-up asal nempel aja tanpa pake skill. Wkwkwkwk

Aku gak mau sia-siakan pengalaman ikutan Beauty Class kemarin jadi aku langsung belanja biar bisa praktek dirumah karena practice makes perfect.

Saking kakunya goresin eyeliner aja aku gemeteran dan banyak ngulang hapus ganti goresin lagi line yang baru sampai kelihatan rapi.

Because This is my firt time!

Udah kayak judul drama korea aja nih. Haha
Ya… Aku gak malu buat share tahapan ini karena aku memang masih belajar dan moment trial and error itu adalah langkahnya, dan mudah-mudahan saja suatu hari aku punya keberanian buat make-up-in muka orang minimal anak perempuan sendiri pas acara kartinian gitu biar gak malu-maluin. Hihi

Aku yakin diluar sana banyak banget yang masih pemula kayak aku dan semoga sharing aku kali ini pas buat teman-teman seperjuangan nanti πŸ˜€

Banyak alasan kenapa gak mau mulai berias yang jadi masalah utamanya adalah :

  • Karena merasa tidak bisa
  • Kedua kurang percaya diri dan takut hasilnya jelek
  • Pernah ada yang mencela hasil riasan
  • Takut orang menjadi pangling dan enggak kenali
  • Kurang tahu jenis alat make-up
  • Masalah budget
Kira-kira apalagi ya? Ada yang mau nambahin poinnya? Intinya sih menurutku karena ketidaktahuan seputar makeup bisa jadi masalah utamanya.
Pernah loh aku asal riasan taunya memang kayak lenong hasilnya dan ternyata berias itu gak sembarangan tapi butuh keahlian sehingga apa yang kamu lihat pada wajah artis, selebgram itu bukan riasan yang asal. Mau tahu rahasianya? Yuk sini intip πŸ˜€
Ketahui Jenis Dasar Make Up
Dasar kosmetik itu ibarat pondasi karena dengan dasar riasan ini bisa menutupi kekurangan diwajahmu seperti noda hitam, pori-pori besar, wajah yang tidak simetris, rona wajah yang kurang bagus, hingga bentuk wajah yang terlalu minim atau over.
Jenis-jenis dasar riasan ini mencakup moisturizer, foundation, primer, concealer, covering cream, contour, bedak.
Moisturizer
Menurutku item ini wajib banget dipakai sebagai penutrisi kulit wajah agar kulit juga terhidrasi. Pemilihan moisturizer ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit karena meski berias kulit harus tetap sehat.
Foundation
Kalau Princess Syahrini kan gak suka pakai foundation gak apa-apa sist karena kulitnya sudah mulus buanget dan mungkin tone warna foundation nya gak ada yang masuk karena terlalu putih kita mah atuh perlu banget sama foundation.
Manfaat dari foundation ini untuk meratakan warna kulit, menyamarkan noda wajah dan flek juga bisa sedikit menutupi pori besar sebagai dasar riasan manfaat lain dari foundation juga bikin makeup nempel cukup lama karena ini adalah dasar bedak.
Untuk pemilihan warna foundation kalau saat ikutan beauty class sih usahakan pilih yang warnanya lebih gelap dari warna kulit aslinya kalau mau beli usahakan dibuka dulu lalu oles ke kulit biar pas dan sesuai dengan warn kulit kita.
Kita bisa usapkan foundation tipis-tipis pada kulit wajah menggunakan sponge, kuas make up, atau tangan.
Primer
Nah untuk primer sendiri aku kenalnya brand ini, bukan iklan ya. Hahahaha
Banyak kok jenis primer dan gak dinamain primer seperti ini, ini namanya hydration serum salah satu manfaatnya sebagai primer. Manfaat primer ini untuk menghidrasi dan menutup pori-pori wajah cukup baik jadi saat memakai riasan kulit tetap lembab dan riasan menjadi semakin nempel dan tahan lama.
Concealer
Nah… Manfaat concealer juga sebenarnya untuk nutupin noda juga tapi ini bahannya lebih ringan tapi cukup baik menutupi kekurangan pada wajah kita seperti menutupi lingkar hitam kantung mata, noda bekas jerawat, bahkan flek, hingga bisa untuk membingkai sisi alis yang tumbuh tidak rata bisa gunakan concealer.
Concealer sangat berbeda dengan foundation baik dari segi fungsi dan bahan. Perbedaannya kalau concealer ini lebih creamy dan kental juga lebih berpigmen sehingga hanya diaplikasikan pada area tertentu saja yang tidak tertutup baik dengan foundation lalu disempurnakan oleh concealer warnanya sangat variatif tidak hanya warna kulit tapi bisa berwarna kuning, orange, hijau, pink, ungu, dan krem.
Contour
Contour itu seni banget ya, seni dalam berias membuat wajah jadi terlihat lebih tirus, lebih mancung itu bisa pakai teknik contouring ini. Berkat contour ini definisi wajah lebih terlihat tegas dan jelas.
Awalnya aku cukup kaget kok corat-coret wajah gitu sih eh taunya setelah disapu sponse wajah jadi punya dimensi 3D. Hahahaha norak banget gak sih aku πŸ˜€
Contour ini warnanya biasanya lebih kecoklakatan dan gelap karena berfungsi sebagai bayangan di wajah agar terlihat jelas definisinya seperti tulang pipi, dahi, dagu, bahkan bisa sampai ke area tubuh lain seperti dada, bahu, payudara.
Banyak jenis contour ini dari yang berbentuk stick, pensil, cream, liquid. Pastikan memakai contour pada area yang tepat untuk menghindari kesalahan pemakaian lalu pemilihan warna yang terlalu gelap atau terlalu terang juga tidak disarankan. Kalau belanja langsung biasanya ada sales promotion girls yang akan sangat bisa menjelaskan dan memilihkan apa yang tepat buat kita jadi gak usah khawatir.
Bedak

Membubuhkan bedak pada wajah sudah jadi hal yang sering dilakukan setiap kalangan, manfaatnya apa sih? Yups… Tentunya untuk menutupi noda wajah dan untuk menutupi kilau wajah sehingga bedak membantu agar riasan terlihat lebih matte dan mengontrol kelebihan minyak pada wajah tapi bedak juga ibarat pamungkas setelah melakukan rangkaian dasar makeup tadi sehingga tampilan wajah tampak lebih natural.

Tips memilih warna bedak tentu harus didesuaikan dengan warna kulit ya tapi saat ikuti Beauty Class kemarin disarankan memilih satu tingkat warna lebih putih dari kulit kita atau bisa memilih satu warna lebih terang dan satu warna lebih kekuningan lalu menggabungkannya agar terlibat lebih alami.

Itu lah beberapa jenis riasan yang menjadi dasar make up yang tidak terlalu simpel tentunya karena butuh beberapa teknik agar kita tampak lebih seperti pro πŸ˜€

Tapi masih ada yang kurang dong karena masih terlihat pucat tanpa warna maka dari itu kita masih harus membu uhkan beberapa item kosmetik lainnya. Mereka adalah:

Eye Shadow

Memperindah mata adalah bagian dari bermakeup yang cukup penting karena warna yang nampak membuat kita jauh terlihat lebih segar, dan tampak tegas terlihat.

Memulas eye shadow memang butuh teknik apalagi kalau urusan ngemix warna. Teknik yang baik membuat mata kita akan terlihat lebih indah.

Tips sederhananya pakailah kuas agar merata lalu pilih warna tanah jika ingin tampilan yang lebih alami atau pilih warna gelap untuk mempertegas mata kita agar terlihat lebih besar.

Eye Liner

Penggunaan eye liner ini cukup sulit untukku karena aku bisa banjir air mata kalau pakai ini. Tapi setelah lihat hasilnya cantik karena mata aku jadi nampak belo lah. Mata tampak lebih besar dan tajam.

Karena aku seorang pemula aku pilih yang pensil ada karena lebih gampang. Pernah pakai yang liquid dan salahnya itu pilih yang waterproof pula lalu garisnya malah menggores kemana-mana jadinya merusak riasan lainnya yang sudah nempel kan jadi repot banget tapi seorang beauty advisor saat beauty class kasih tahu aku kalau misalkan kejadian lagi tips bersihkan pakai cotton buds yang dikasih make up remover lalu oles pelan-pelan kebagian goresan yang kurang rapihnya dan jadi deh. 

Eye Brow

Gambarlah alis senatural mungkin bukan setebal mungkin karena akan mengubah kepribadianmu. Hahahaha

Seriusan deh aku pernah menjudge seseorang galak dari bentuk alisnya padahal salah besar. Haha

Ada beberapa tips soal gambar alis ini yang jelas aku juga gak jago. Jadi pertama-tama bingkai dulu bentuk alis kita pakai eye brow lalu isi bagian dalam dengan mengarsirnya (kayak apaan aja sih diarsir. Wkwkwkwk) :)) setelah itu rapikan menggunakan sikat alis nanti warnanya akan membaur dengan kulit dan bulu alisnya.

Tips lain jika memang susah bikin alis yang simetris sama persis kiri dan kanan bisa dikasih eyeshadow warna dark cukup dioles tipis aja yang penting mempertegas alis kita dan aku termasuk yang sering pakai metode ini.

Maskara

Maskara adalah riasan untuk mata untuk mempertegas lentiknya dan tebal bulu mata. Konon semakin panjang dan lentiknya bulu mata bikin seseorang makin cantik dan enak dipandang. Wow…

Saat ikuti Beauty Class aku baru tahu cara pakai maskara yang benar. Aku biasanya pakai menyesuaikan arahnya saja tapi ternyata tetap ada teknik booooooo πŸ˜€

Jadi sikat bulu matanya itu harus digoyang-goyang baru tarik ke atas dan itu berlaku untuk bulu mata bagian atas dan bawah. Biar apa coba? Biar markaranya lebih nempel dan bulu mata jadi lebih lentik dan tebal tapi tetap beraturan gan saling nyatu gitu πŸ˜€

Blush On

Blush on ini fungsinya sebagai perona wajah dan tentunya masih menggunakan teknik.

Saat ini happening banget ya pakai blush on dibawah mata mungkin ini blush on cara Chibi Maruko Chan kali ya, hehehe

Tips memulas blush on pada pipi itu ada dua macam pertama bagian dalam dari tulang rahang pipi kempotin dulu pipi biar kelihatan tulang pipinya baru dipulas ya dan bagian pipinya agar tepat di area pipi seharusnya diberi blush on kita bisa sambil senyum lebar sumringah saat pakainya, nah bagian pipi yang menonjol itu yang diberi perona wajah warna pink atau peach πŸ˜€

Perona pipi bagian dalam dan atas ready deh πŸ˜€

Lipstick

Sama hal nya seperti bedak lipstick ini adalah salah satu item kosmetik yang paling praktis digunakan tinggal oles aja merah deh. Tapi ada tips yang tidak mau aku lewatkan nih jadi kebiasaan pakai lipstick itu seringnya si bibir itu dilebarin kan harusnya gak perlu loh.

Melebarkan bibir itu bikin cracked hasilnya dan bibir tak terisi penuh warna lipstick jadi gak maksimal hasilnya. Agar rapih pakai kuas khusus lipstick ya

Highlights

Kirain mewarnai gambar saja yang perlu di highlights ternyata riasan juga perlu agar tampak lebih menonjol dimensi wajahnya. Hehehehe

Menaburkan highlights ini biasanya rangkaian penutup agar riasan kita terlihat lebih cantik berkilau.

Kita bisa aplikasikan highlights diatas semua riasan pada bagian T wajah, tulang pipi, diatas bibir dan dagu.

Setting Spray

Semua rangkaian makeup ditutup pamungkas menggunakan setting spray agar tampak flawless dan natural tidak terlihat bedak taburnya karena jadi menyatu dengan kulit menempel sempurna dengan menggunakan setting spray ini tinggal semprot aja ke wajah dengan full make up tadi maka hasil riasan akan tahan seharian atau semalaman dengan kilau alami.

Aku paling suka bagian ini karena apa yang aku pertanyakan selama ini terjawab sudah. Pantas saja selama ini make up aku kayak lenong, kayak dodol garut camerok kelihatannya awur-awuran tebel make up kayak gak nempel kok gak kayak artis sih flawless. Lha…. Ternyata koentcinya tuh ini πŸ˜€

Cukup panjang ya tulisannya, aku yakin banyak typo deh nanti akan aku edit berangsur ya. Hahahaha

Intinya dalam bermakeup itu perlu proses dari mulai belanja produknya sampai ke tekniknya. Sekarang aku sadar kalau MUA itu perlu banyak perintilan untuk menghasilkan riasan yang WOW jadi nawar harga wajar aja mulai sekarang ya atau make-up-an sendiri. Huehehehe

Kalau yang aku rasakan saat ini, saat sering praktekin merias wajah banyak yang baru aku sadari…

Ternyata wajahku gak sama bagian sisi kiri dan kanan beda banget gak simetris. Yaaa… Jadi aku sering foto dengan posisi miring πŸ˜€

Selamat membaca πŸ˜€

36 COMMENTS

  1. Shaaaa foto terakhir aku suka bangeet, bagus sekali makeupnya. Flawless tah gitu atuh mekap kamu teh hihi. Keep practice ya, da makeup gini menurut aku ya skill juga sih selain emang produknya juga ngaruh.

  2. Istilah practice makes perfect itu pas banget ya.. Kalo pengen pinter dandan emang harus praktek. Dan 'alat perang' buat cantik trnyata banyak bingit hehe. Jadi pengen belajar makeup sama mahmud RaisaοΏ½οΏ½ Ajarin dongs

  3. Waaah, tulisan panjang yang menarik! Jadi dapat insight ber-make up deh. Aku juga jarang banget make-up an yang pro, cuma sekedar polas poles doank. Jadi mau belajar nih! Thanks, Raisa untuk sharingnya! Love it!

  4. Aku juga gabisa bisa banget make-up an ceu, kadang mupeng sama orang2 yang di socmednya isinya dandan paripurna. Maklum mukanya sensitif jadi udah keburu males duluan. Mangat belajarnya mamah Lala οΏ½οΏ½

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here