Baru kali ini aku merasakan keanehan pada diriku karena masalah rambut rontok. Kejadian ini bermula setelah melahirkan anak ketiga, aku katakan aneh karena kerontokan rambut yang aku alami sangat diluar dugaan. Rambut yang rontok jumlahnya banyak sekali sampai menggumpal saat disisir bahkan saat tidak disisir rambut pun masih berjatuhan. Panik? Tentu saja, karena aku tidak terbiasa mempunyai masalah rambut rontok separah ini.

Sebelumnya memang ada sedikit kerontokkan dirambut tapi aku anggap wajar karena aku perempuan berhijab, rambutku seharian diikat sehingga saat menemukan ada beberapa helai rambut yang patah ya aku anggap wajar saja tapi tidak dengan kejadian kali ini.

Mengetahui Fakta Tentang Pertumbuhan Rambut

Sebelum berasumsi alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fakta tentang pertumbuhan rambut.

  • Rambut Tumbuh Sejak Dalam Janin
    Rambut sudah mulai tumbuh saat kita masih dalam kandungan di minggu ke 22 saat janin mulai berkembang, saat dalam janin kurang lebih ada 5 Juta folikel rambut terbentuk yang menjadi struktur kulit dimana rambut nanti akan tumbuh dan dari masing-masing folikel tersebut menumbuhkan 20 helai rambut. Ada yang mau menghitung jumlahnya? ๐Ÿ˜€
  • Tentang Folikel Rambut
    Folikel adalah epidermis kulit dimana sumber akar rambut tumbuh. Normalnya rata-rata manusia memiliki 100.000 folikel rambut dan jumlahnya tidak akan bertambah namun sangat mungkin berkurang salah satunya karena faktor pertambahan usia. Namun perawatan yang baik dan efektif ternyata mampu mempertahankan kesehatan rambut dan folikelnya loh.
  • Fase Pertumbuhan Rambut
    Rambut adalah bagian tubuh yang unik karena mengalami fase pengulangan pertumbuhan yang berlangsung selama 2 hingga 7 tahun dan mengalami 3 fase yaitu; fase Anagen, fase Katagen dan fase Telogen.

1. Fase anagen adalah fase pertumbuhan dimana sekitar 90% dari rambut di kulit kepala yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 tahun.

2. Fase katagen, dimana folikel rambut menyusut. Hal ini terjadi pada 1% dari helai rambut dan memakan waktu sekitar waktu satu bulan.

3. Fase Telogen, fase rambut mulai rontok. Hal ini terjadi sekitar 10 – 15% dari helai rambut dan periode terakhir berlangsung selama 5 bulan. Kerontokan tersebut disebabkan oleh folikel rambut yang sedang beristirahat sejenak, sehingga rambut di folikel akan rontok. Fakta lainnya ternyata tidak semua folikel beristirahat, pada waktu yang berbeda sebagian rambut lainnya terus tumbuh, maka, kita cenderung tidak menyadari kerontokan tersebut. Tapi enggak perlu khawatir kok, karena rambut yang rontok akan tumbuh kembali.

Namun, jika rambut yang rontok sangat banyak, maka sebaiknya sih perlu berkonsultasi dengan dokter atau therapist untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat. Karena ternyata ada kerontokan rambut yang dipengaruhi hormon. Lalu apa penyebab kerontokan rambut pasca melahirkan?

Karena merasa apa yang aku alami diluar kewajaran maka aku kemarin memutuskan untuk berkonsultasi karena perasaan khawatir yang melanda ibu menyusui tidak boleh dibiarkan lama nanti efeknya malah jadi stres lalu mempengaruhi kelancara ASI.

Rekomendasi teman-teman yang mempunyai pengalaman yang sama denganku menyarankan aku untuk konsultasi kepada ahlinya dan sudah berpengalaman lebih dari 20 Tahun menangani masalah rambut yaitu Erha Skin, Hair & Laser Expert.

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan 1
Erha Clinic

Saat berkonsultasi akhirnya aku mendapatkan jawaban mengapa aku mengalami kerontokan rambut yang cukup parah setelah melahirkan kemarin. Ternyata jawabannya simpel, karena faktor hormonal. Lalu apakah ini berbahaya? Jawabannya tidak, ini hal yang normal dan bisa diatasi.

Alhamdulillah setelah mendengar jawaban itu hati mulai tenang dan tidak khawatir lagi. Tapi kira-kira apa alasannya ya sehingga setelah melahirkan seorang ibu bisa mengalami rambut rontok?

Rambut Rontok Pada Ibu Pasca Melahirkan

Mitosnya setelah melahirkan anak laki-laki lalu selanjutnya melahirkan anak perempuan biasanya akan terjadi kerontokan rambut. Faktanya adalah setiap ibu yang baru melahirkan bisa saja mengalami rambut rontok. Alasannya adalah siklus atau lebih jelasnya pertumbuhan salah satu dari 3 fase diatas ada yang tertunda!

Pada wanita hamil umumnya ternyata mengalami 3 fase pertumbuhan rambut yang tidak sesuai siklusnya moms, alias tidak terjadi seperti biasanya. Hal ini dikarenakan kadar hormon estrogen di dalam tubuh ibu hamil mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase hidup rambut (fase anagen). Hasilnya yang dirasakan wanita hamil adalah rambut terasa lebih tebal dan lebih sedikit rambut yang mengalami kerontokan.

Sedangkan setelah melahirkan, produksi estrogen kembali ke tingkat normal maka siklus pertumbuhan rambut pun kembali ke siklus normalnya. Inilah alasan di balik jumlah rambut rontok yang terlihat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini normalnya berlangsung selama beberapa bulan awal setelah melahirkan hingga bayi berusia lima atau enam bulan. Tapi pada sebagian kasus, ada juga ibu menyusui yang mengalami fase telogen ini hingga setahun lamanya dan aku termasuk salah satunya ๐Ÿ˜

Dengan kata lain, kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan kondisi normal ya moms yang jelas dari penjelasannya ini erat kaitannya dengan kadar hormon di dalam tubuh. Pesan baiknya setelah berkonsultasi kemarin aku menjadi tidak panik padahal sebelumnya aku sempat terburu-buru beranggapan bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan gizi atau vitamin bahkan sempat menyangka mengidap penyakit parah. Alhamdulillah ternyata tidak ๐Ÿ™‚

Cara Tepat Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Dari pada panik ya sebaiknya dicari tahu penyebabnya sesegera mungkin, ada pun cara tepat mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan melakukan beberapa tindakan perawatan yang tepat seperti yang saya lakukan kemarin ๐Ÿ™‚

Simak yuk beberapa tips nya buibuk …

  • Perlakukan rambut dengan lembut
    Saat menghadapi rambut rontok setelah melahirkan, alangkah baiknya kita memperlakukan rambut dengan lembut, karena setidaknya dengan ini bisa mengurangi jumlah dan tingkat keparahan rambut yang rontok. Gak perlu banyak dimacem-macemin dulu rambutnya ya seperti hindari terlalu sering mengepang, menguncir, cukup pakai bandana saja dulu jika rambut sedikit mengganggu.
    Pastikan juga saat menyisir rambut, sisir lah rambut dengan lembut dan perlahan, bisa gunakan sisir ion juga nih yang lagi happening. Sebisa mungkin hindari juga menyisir terutama saat rambut sedang basah setelah keramas ya, karena pada saat inilah kondisi rambut lebih rapuh sehingga rawan rontok atau patah.
  • Kurangi pemakaian pengering dan pelurus rambut
    Agar rambut terhindar dari kerusakan yang lebih parah, hindari dulu pemakaian pengering dan pelurus rambut di fase ini. Tapi kalau masih ngerasa enggak nyaman karena rambut yang basah, pastikan alat pengering rambut yang digunakan diatur dulu pada tingkat kekuatan yang rendah ya moms.
  • Memakai produk perawatan rambut rontok
    Banyak produk perawatan rambut rontok yang dijual namun pada kenyataannya efek yang dirasakan kurang efektif. Beruntung saat konsultasi kemarin aku diberi saran sama therapist nya Erha untuk memakai rangkaian produk Hair Growth Series. Kabar baiknya kita bisa beli langsung produknya di Erha Apothecary kalau misalkan enggak sempat berkonsultasi. Maklum lah ya kan ibu menyusui gak bisa lama-lama keluar. Untuk mendapatkan produknya pun bahkan kita bisa kok hanya kirim DM ke akun social media nya Erha Dermatologist dan tanya-tanya disana.
Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan 4
Erha Apothecary

Semudah itu ternyata, tapi kalau mau lebih afdol ya datang langsung ke klinik Erha diwilayahmu ya moms karena saat ini Erha sedang ada promo diskon 10% khusus untuk perawatan Erha Hair Follicle Activation Therapy di semua Cabang Erha kan lumayan banget. Bahkan saat aku kepoin langsung website ada promo package treatment dengan total potongan harga hampir 1jt. Keren banget kan?

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan

Hair Follicle Activation merupakan salah satu tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya pada pengidap androgenic alopecia, yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal.

Treatment ini cocok sekali jika kerontokan yang dialami sudah cukup parah sehingga terjadi kebotakan.

Tindakan yang dilakukan therapist Erha ini merupakan kombinasi Electroporation Needle Systemย alat therapy ini menggunakan Auto Microneedle dan electroporation dan Red Light Therapy. Tindakan ini secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Hair follicle activation auto micro needling tools
Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Hair Fillicle Activation – Red Light

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan

Pokoknya habis treatment di Erha dijamin Perfect hair become real karena dirawat oleh ahlinya langsung ๐Ÿ™‚

Tapi kemarin aku gak sampai mengalami kebotakan yang begitu parah hanya saja rambut jadi lebih tipis dari biasanya, maka dari itu aku diperbolehkan untuk treatment menggunakan Hair Growth Series yang terdiri dari HairGrow Shampoo dan HairGrow Serum. Ini ada video unboxing untuk kedua produk itu ๐Ÿ˜€

Alhamdulillah produk Hair Grow series ini adalah salah satu dari produk bebas tanpa resep ERHA, jadi kita bisa dapatkanย produk perawatan Hair Grow series langsung tanpa perlu konsultasi maupun resep dokter. Pembeliannya bisa langsung ke Erha Clinic, Erha Dermacenter, Erha Apothecary, dan Erha Skin.

Tentang Erha Yang Terpercaya

Siapa sih yang enggak tahu tentang PT ERHA INDONESIA?

FYI;

“Berdirinya ERHA berangkat dari karir dr. Ronny Handoko, SpKK(K), yang memulai praktek pribadinya sejak tahun 1968, praktek sebagai dokter spesialis kulit di tahun 1972. Klinik pertama ERHA didirikan di Kemanggisan, Jakarta pada tahun 1999.

Sejak awal berdiri, ERHA mengedepankan konsep personalized therapy yang didukung dengan tim dermatolog dan dokter terbaik, produk-produk inovatif, dan layanan dengan peralatan medis teknologi terkini. Kesuksesan ERHA juga tidak lepas dari dukungan pelayanan konsumen yang ramah.

Rangkain produk ERHA merupakan hasil formulasi terbaik yang telah teruji klinis efektif dan aman untuk digunakan. Untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat luas, ERHA hadir di 39 kota di Indonesia dengan 90 cabang. Jumlah outlet ERHA ditargetkan akan mencapai genap 100 cabang pada akhir tahun 2018.

Dengan semangat dan dedikasi tinggi, ERHA senantiasa berkembang dan melebarkan sayap untuk menjangkau dan menghadirkan solusi kesehatan kulit kepada masyarakat Indonesia.”

Dengan pengalaman selama hampir 20 tahun, ERHA telah dipercaya oleh 3 juta pelanggan di Indonesia untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala.

So, Percayakan ahlinya saja ya moms

Erhair Hair Growth Series

HairGrow shampoo

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Erhair – HairGrow Shampoo

Erhair HairGrow Shampoo membantu mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti Panax Ginseng Extract dan Pumpkin Seed Extract, Erhair HairGrow Shampoo aman untuk digunakan setiap hari.

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan

HairGrow Shampoo – Mengurangi kerontokan dan menumbuhkan rambut baru.

Erhair HairGrow Shampoo diformulasikan secara khusus untuk tahap pemeliharaan mengurangi kerontokan rambut. Diperkaya bahan alami ekstrak Cucurbita Pepo Seed, ekstrak Ginseng dan Niacinamide yang berfungsi melancarkan mikrosirkulasi serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral, sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan. Erhair HairGrow Shampoo menggunakan bahan-bahan alami sehingga cocok digunakan setiap hari.

Tersedia dalam kemasan :
Botol 100ml
Botol 250 ml

HairGrow Serum

Erhair - Hair Grow Serum Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Erhair HairGrow Serum

HairGrow Serum. Formulanya telah terbukti secara klinis membantu mengurangi kerontokan dalam 3 minggu.

Tidak hanya mengatasi kerontokan, formula Erhair HairGrow Serum efektif meningkatkan pertumbuhan rambut baru dalam 4 minggu pemakaian.

Aplikasikan satu dosis Erhair HairGrow Serum sehari sekali, pada kulit kepala yang telah dibersihkan dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dan tidak perlu dibilas.

Pakai setelah keramas dengan Erhair HairGrow Shampoo untuk hasil terbaik.

Erhair - Hair Grow Serum - Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Erhair – Hair Grow Serum

Erhair HairGrow Serum mengandung Kopexil, Panax Ginseng Extract, Arginine, Biotin, dan D-Panthenol merupakanย Hair Growth Stimulant untuk membantu mengurangi rambut rontok pada Androgenetic Alopecia sekaligus merangsang regenerasi rambut serta mengandung Vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru / regenerasi rambut. Erhair HairGrow Serumย menutrisi kulit kepala dengan kandungan Nutrisi Vitamin dan Mineral di dalamnya serta mengandung anti iritasi sehingga sesuai untuk kulit sensitif.

Erhair – HairGrow Serum

CLINICALLY PROVEN
Bekerja sinergis dengan ERHAIR HairGrow Shampoo :
1. Efektif membantu mengurangi kerontokan
rambut dalam 3 minggu
2. Efektif membantu meningkatkan
pertumbuhan (densitas) rambut dalam
4 minggu

Cara Pemakaian:
Aplikasikan satu dosis ERHAIR HairGrow Serum sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas.

Tersedia dalam kemasan :
1 box @ 7 x 8 ml
1 box @ 28 x 8 ml

Produk-produk perawatan Hair Grow series diatas bisa langsung didapatkan tanpa perlu konsultasi maupun resep dokter loh. Hanya di: Erha Clinic, Erha Dermacenter, Erha Apothecary, dan Erha Skin atau bisa melalui social media account seperti Instagram @erha.dermatology Facebook Fan Page dan Website erha.co.id

Nah… Untuk perawatan lainnya yang bisa membantu mengurangi rambut rontok setelah melahirkan adalah;

  • Mengonsumsi makanan sehat
    Manfaatnya banyak banget apalagi untuk ibu menyusui plus nya untuk membantu pertumbuhan rambut kembali, utamakan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak protein dan vitamin. Misalnya telur, susu, sayuran, dan buah-buahan. Zat besi, vitamin D, vitamin C, magnesium, dan omega-3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut sehat.
  • Mengonsumsi vitamin
    Vitamin dapat membantu kelengkapan gizi yang berkurang karena proses pengolahan makanan. Lagi pula pasca melahirkan dan selama menyusui memang disarankan tetap mengonsumsi vitamin prenatal setelah bayi lahir, terutama jika kita menyusui bayi. Jadi dapat nilai plus-plus selain kita sehat bayi pun ikut sehat ya moms

Itu dia beberapa tips yang bisa aku share moms. Jika tips dan cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan di atas belum berhasil, sekali lagi sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat ya.

Sebagai penutup, harapannya semoga sharing tentang pengalama aku yang mengalami rambut rontok setelah melahirkan kemarin membantu para ibu yang mempunyai pengalaman yang sama saran aku jangan buru-buru panik seperti aku kemarin ya moms,karena kekhawatiran tidak menjadi jalan keluar ๐Ÿ˜€

Keep healthy moms :*

*Sumber Erha Dermatologist

125 COMMENTS

  1. Cuco banget yah Erha daridulu emang ga ada saingannya. Selalu mengeluarkan produk baru untuk mengatasi berbagai keluhan. Aku juga nih seringnya pake pengering rambut dan rontok. Tapi rontoknya masih wajar sih kalo menurutku engga sampai yang banyak banget. Mungkin akan coba kalo misalkan kerontokannya makin parah.

  2. Samaa rambutku juga rontok setelah melahirkan. Parah rontok nya ๐Ÿ˜ฐ pengen perawatan ke klinik tapi maju mundur takut ga cocok. Tapi Liat postingan ini kayaknya aku mesti coba deh. Secara erha emang daridulu bagus banget buat perawatan kulit dan tubuh

  3. PR banget nih penggunaan hair dryer.
    nggak mau dipake, tapi butuh.
    dipake tapi sayang sama rambut, karena selalu pingin cepet kering jadi make level terpanas :))

    ya udah lah ya… nikmati aja #lha?

  4. Wah, samaan nih. Rambutku pun rontok abis melahirkan. Malah sejak melahirkan anak ke-1. Huhu… makin tipis deh rambutku. Semoga aja ya Erhair HairGrow Serum ini bisa membuat rontok rambut kita segera berakhir. Dan rambut kita tebal lagi. ๐Ÿ˜€

  5. Aku belum pernah mencoba Erha mba dan kayaknya aku butuh banget untuk mengatasi kerontokan rambut ini. Soalnya kan bagi perempuan berjilbab memang sering nih kena rambut rontok

  6. Aku yang belum ada d fase hamil, melahirkan udah rontok juga bun wkwk. Tapi emang bener sih, karena kita berhijab intensitas pas buka kerudung tuh kayak banyak aja yg rontok. Padahal, sebenernya 150helai per hari itu wajar kerontokan untuk wanita (menurut ahli dermatologis). Wah Erha udah jadi impian treatment aku sedari kuliah bun hihi, semoga ada rezeki nya nyoba treatment disana ๐Ÿ™‚

    • Iya karena dari satu folikel pun sekaki tumbuh nya kan 20 helai ya. Hehehe

      Kalau sesuai fase masih normal beb kecuali kalau banyak banget sampe bikin tipis sampai botak ya lebih baik treatment kalau gak masalah ya gak apa-apa ๐Ÿ˜

    • Bisa dilihat dulu mbak setelah melahirkan apakah seperti yang saya alami mengalami kerontokan atau enggak soalnya ini hormonal kasusnya. Tapi kalau pakai gak rugi kok karena ini kan perawatan ๐Ÿ˜

    • Wah iya bunda pengorbanan seorang ibu ya ๐Ÿ˜ insyaalloh jadi berkah. Hehehe

      Tapi sebagai reward kita juga butuh ya sebuah treatment sebagai me time. Kadang aku pengen cantik buat diriku sendiri biar happy. Hahahaha

  7. Aku pernah ngalamin rambut rontok parah pas kuliah… Kayanya karena stres atau mgkin juga hormonal. Kalau skrg sih lebih ke rambut lepek aja… Noted, erha apothecary ya, suka lewatin nih di mall kan juga ada ya…

    • Iya stres juga sangat mempengaruhi hormonal karena siklus aliran dan tekanan darah pun jd gak normal ๐Ÿ˜

      Iya di mall ada ya erha apothecary dan ini bisa dibeli langsung loh meski tanpa resep

  8. mom raisa, baca ini jadi tertampar loh aku. bahwa rambut harus diperhatikan juga, nggak harus selalu wajah. apalagi masalah rambut aku yang lepek, rontok, dan kadang berketombe karena seringnya tertutup. jadi kepengen deg hair follicle activation therapy dari erha ini. aku datangi ah ke cabang di medan.

    • Kalau rambut aku parnonya justru sama yang lain sih kayak penyakit soalnya pengaruh langsung kelihatan ke Rambut. Hahahaha tapi better konsul ya biar gak panik buat orang yg parnoan kayak aku ๐Ÿ˜‚

      Selamat mencoba treatment nya ya say

  9. PR banget ya ceu habis melahirkan itu rambut makin rontok huhu.. kebayang makin tipis ini rambut โ˜น๏ธ
    Tapi mungkin bisa dirawat dari sekarang yah cobain Erhair shampoo sama serumnya. Perawatan kulit aja udh bagus banget apalagi rambutnya ya. Penasaran..

  10. Rambut rontok, kulit kepala gatal, biasanya kalau aku, itu sih Mbak masalahnya. Nggak hamil aja begitu, apalagi abis melahirkan. Hadeuh… makin-makin deh Mbak. Cuma karena di kotaku belum ada Erha, kayaknya aku harus ke Surabaya dulu deh kalau mau beli.

  11. Rambut rontik juga jadi masalah aku sekarang nih tapi terjadi kalau sudah memanjang rambutnya makanya aku potong pendek. Tapi pingin juga lah panjang terus. Kayanya harus perawatan dari Erha juga ya

  12. Ih suka deh dapat pengetahuan baru dari sini, ada fasenya gitu ya Mba… Aku baru tau banget. Aku juga sama mikirnya kemarin oas parah2nya rontok,, apa aku lagi kekurangan vitamin aja apa malah mengidap penyakit apa *naudzubillah…. Pokoknya nemu formula yang mengatasi kerontokan parah tu kek mau sujud syukur

  13. Hi mb raisa hakim, salam kenal mb, wah saya merasa dapat pengetahuan baru, isi tulisan mb sangat bermanfaat bagi saya. Jadi tahu masa pertumbuhan rambut juga hehehe dan juga masalah rambut pasca melahirkan hehe makasih ya mb informasinya

  14. Idem mbak, setelah melahirkan rambutku jg rontok, makanya ini pas jd emak2 aku gak berani berambut panjang hehe. Btw aku dah nyobain shampoo dan serumnya juga mbak, alhamdulillah cocok di aku. Yg pengen nyoba lagi treatment follicle hair-nya. Kyknya bakal lbh manteb lagi, bikin rambut sehat dan kuat plus lembut ๐Ÿ˜€

  15. Wah, bagus nih infonya. Kebetulan aku pasca lahiran, biasanya setelah baby dalam tahap main ludah rambutku akan rontok parah dalam kurun waktu tertentu. Hanya kali ini baby cewek rambutku gak rontok, lagi was-was nngamatin sih, rontok ga ya heheheh. Kalau waktu anak co rontok parah

  16. Waah…samaan mba. Aku juga paling parah rontoknya pas lahiran anak ke 3. Mendadak rambut jadi tipis banget. Helaian menipis dan rontoknya luarbiasa. Memang perlu bantuan serum nih untuk mengembalikan ke masa masa kejayaan rambut tebal. Tfs mak

  17. Baca artikel ini jadi tahu lebih dalam tentang seluk beluk rambut, ternyata kerontokan rambut bisa terjadi karena faktor hormonal juga ya, apalagi habis melahirkan memang hormon berubah ya, untung udah ada solusinya ya dengan treatment dari erha

  18. Wah mpo baru tahu kalau di usia janin 22 minggu sudah ada pertumbuhan rambut.

    Rambut memang perlu dijaga dan di rawat. Inilah yang akan membawa kita untuk semangat agar indah , hitam, mengembang terus.

    Erha perawatan yang menjadi referenai para dokter tapi bisa beli tanpa resep dokter. Asik.

  19. Udah pernah denger tentang Erha ini. Jadi pingin nyobain.

    Btw,
    Saya juga pernah mengalami kerontokan rambut, Mbak. Duh rasanya gimana…sekali nyisir, rontoknya banyak. Ternyata memang itu kondisi pasca melahirkan. Alhamdulilah sekarang meski masih rontok, tapi gak sebanyak waktu itu

  20. MashaAllah yaa….
    Rambut mau tumbuh saja fasenya ada banyak.
    Dan gak nyangka kalau butuh waktu lama.

    Ya Allah~
    Aku selama ini santai-santai aja kalo rambut rontok, palingan nanti tumbuh lagi…

    Ternyata harus dirawat majyah begini yaa…
    Pingin juga pakai Erhair Growth Series.

  21. Waini diaaa yang aku cari-cariii.. abis melahirkan dan menyusui hampir selalu bikin rambut rontok! Huhu masa kudu dipotong pendek banget ya. Syukurlah nemu produknya Erha di sini

  22. Aku juga mengalami hal yang sama nih setelah melahirkan, rambut rontok. Udah berbagai tonik rambut kugunakan namun masih kurang efektif. Kayaknya kudu nyobain Erhair ini deh.

  23. Ibu ku ngeluh terus, rambutnya selalu rontok, pake produk ini itu tetep aja gak ada hasil. Dari review diatas kayanya aku harus coba ini untuk ibu ku. Semoga bisa mengatasi masalah rontok beliau.

  24. Iya hormonal ngaruh ke rontok katanya. Jangan stress juga teh. Katanya itu ngaruh ke rontok juga. Semoga abis pake ini jadi cetar ulala lagi ya rambutnya.

  25. rambutku setelah melahirkan juga rontok parah. sampai nggak berani sisiran. haha. akhirnya kupotong pendek deh rambutnya. mungkin nanti bisa juga nih nyobain produk erha setelah lahiran anak kedua nanti

  26. Kalau aku suka rontok kalau gakeramas sehari huhu gatau deh kenapa mangkanya aku keramas tiap hari gitu , pernah sih wkt iru sengaja gakeramas dua hari karena gakemana mana juga tp langsung rontok bgt rambutku ๐Ÿ™

  27. Ko akutu ga rela gitu baca judulnya “pasca melahirkan” tapi mukanya imut banget kaya masih gadis padahal buntutnya udah banyak ๐Ÿ™ rambut aku juga rontok nih teh, udah mah tipis suka worry botak huhu, nanti mau cobain erhair biar berkurang rontoknya

  28. semenjak berhijab dan sering rontok rambutku ini, aku jarang banget pake sisir yang lebar, tapi lebih pilih sisir yang jarang-jarang. Dan segala hal udah aku coba termasuk treatment scalp tapi tetep aja rontok nih rambut. Kayaknya perlu cobain Erhair deh

  29. Setelah banyak yg review lama2 jadi pengen coba haircarenya erha ini secara rambut ku jg lg rontok tp yg anehnya rambut ku trmasuk tebal, itupun notice karena bnyk org2 yg bilang terutama mmah sma org yg sering hair do rambut aku.. Selalu aja tiap hair do sma org ad blg gtu hehe

  30. Dulu aku pun punya masalah dengan rambut rontok banget pas ketika mulai pakai hijab..dan sekarang ada Erhair treatment untuk mengurangi kerontokan rambut di kepala kita. Jadi merasa aman ..pakai hijab dan sekarang sudah aman dari ketombe

  31. Aku blm pernah nyaobain hair care erha deh, baru tau malah erha ada produk perawatan untuk rambut. Dulu pernah ke erha untuk skincare kulit gtu tapi kurang cck, jd sampe skrg engga pernh ke erha lagi. Sepertinya hair carenya mantul nih yaa, bumil aja aman pakainya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here