Selama ini aku sangat mengidamkan memiliki kulit sehat nih from head to toe. Dan usaha untuk mendapatkan kulit sehat itu sudah aku lakukan sejak SMP dengan membeli serangkaian perawatan tubuh krim pencerah kulit tapi ya masih gini-gini aja, mungkin harus dari bayi kali ya perawatannya. Hahaha

Yang terbayang tentang kulit sehat itu pasti teksturnya kenyal, glowing, lembab, lembut, dan bercahaya ya pokoknya bikin segar bugar ke badan juga.

Untuk mendapatkan kulit sehat perawatannya ternyata tidak hanya dirawat dari luar tapi harus dari dalam juga biar seimbang. Aku sendiri punya beberapa andalan produk yang jadi kecintaan aku untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam yaitu Erha Truwhite Whitening Activator Body Series kesayangan aku 😀

Erha Truwhite Activator Whitening Body Series

Sebenarnya Erha21 Truwhite Activator Whitening Body Scrub dan Erha21 Truwhite Activator Whitening Body Moisturizer ini adalah body series nya Erha khusus untuk perawatan kulit kering dan kusam hingga kulit sensitive yang terbaru dari Erha loh.

Kalau teman-teman biasanya hanya tahu Erha itu dikenal dengan perawatan kulit wajah, kini kita bisa mendapatkan perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki di Erha, main-main deh ke website nya lengkap banget jenis perawatan nya 😍

Tubuh dan kulit sehat idaman from head to toe bisa kamu dapatkan dengan membeli produk perawatan Erha21 juga. Pokoknya coba deh sekali-kali kunjungi atau konsultasi ke Erha Clinic karena kini selain perawatan wajah Erha punya perawatan kulit tubuh yang harus banget kamu coba ❤️

Nah, sedikit curhat nih makin berumur masalah kulit aku ternyata makin bermunculan seperti kulit kering, kulit kusam, kadang sensitif juga. Belum lagi kalau emak-emak kayak aku kadang tangan kecipratan minyak saat masak, harus panas-panasan nemenin anak outbound dan les renang, setiap hari antar jemput anak sekolah dengan cuaca siang yang panas banget, belum lagi mesti belanja kepasar ya jadi banyak sebab ternyata yang membuat kulit jadi kusam sudah saatnya pakai krim pencerah kulit yang memberi kelembapan nih 😀

Di bulan Ramadan ini malasalah kulit tubuh aku makin kelihatan, mungkin karena faktor dehidrasi juga saat menjalani ibadah shaum ini kan kami tidak diperbolehkan makan dan minum hingga 14 jam, sehingga tubuh pun ikut menyesuaikan dengan siklus yang turut berubah salah satunya terjadi pada kulit.

Untuk beberapa kasus sering kali puasa ini dikaitkan dengan kulit kering dan kusam karena tubuh mengalami dehidrasi. Well, dampaknya adalah kulit kering dan kusam yang dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Tapi jangan menjadikan ibadah sebagai alasan atau penyebab nya ya karena sebelum menjalani puasa pun kulitku sudah bermasalah kan ya 😀

Sebenarnya ibadah shaum ini juga kesempatan emas kita untuk detox dan hidup lebih sehat terutama salah satunya adalah manfaat kulit sehat dan bercahaya. Tinggal pintar-pintarnya kita cari solusi.

Selain rajin menggunakan Erha Truwhite Activator Body Series ini ada beberapa tips dari aku untuk mengatasi kulit kering dan kusam 🤗

Tips Mengatasi Kulit Kering & Kusam

Bagaimana ya caranya agar kulit tetap sehat sekarang dan nanti baik sedang menjalani puasa atau tidak? Simak nih 6 tips yang Insya Allah bermanfaat dan menjadi solusi mendapatkan kulit sehat 🙂

  1. Cukupi Kebutuhan Air Dalam Tubuh
    • Ternyata 30% komposisi kulit adalah air, terbayang kan apa yang terjadi jika kekurangan minum, cairan kulit akan menjadi kering dan tidak sehat, kalau aku sih langsung kelihatan pas digaruk kuku langsung ada goresan putih kalau orang sunda bilangnya hurik :DOleh karena itu, tetap jaga asupan air sebagai kebutuhan cairan harian dengan minum minimal 8 gelas air putih sehari saat waktu buka puasa maupun sahur.
  2. Perhatikan Kebiasaan Mandi
    • Salah satu penyebab kulit kering ternyata salah satunya karena kebiasaan mandi yang tidak benar. seperti mandi terlalu lama dengan air panas, alasannya karena air panas dapat meningkatkan penguapan cairan dari kulit. Selain itu, hindari pula menggosok sabun dengan terlalu kencang dan lama. Lalu perhatikan sabun yang digunakan pastikan gak pakai sabun cuci piring atau sabun colek ya. HahahahaOo iya… Mandi juga sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari agar tidak mengikis kelembapan alami kulit 😀
  3. Perbanyak Konsumsi Sayur-sayuran & Buah-buahan
    • Tidak hanya saat Ramadan ya mengonsumsi banyak buah dan sayur serta asupan nutrisi baik itu penting untuk menjaga kulit sehat. Maka, pada bulan Ramadan ini termasuk wajib mengonsumsi berbagai macam makanan pada menu berbuka puasa dan sahur termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena selain kandungan air yang tinggi pada sayur serta buah-buahan, terdapat juga vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit kita. Dijamin tubuh juga jadi enak bawaannnya bugar.
  4. Rutin Menggunakan Produk Perawatan Kulit
    Erha 21 Truewhite Activator Body Moisturizer

    Hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk tetap rutin menggunakan produk perawatan kulit kesayangan, serta rajin mengangkat sel kulit mati (exfoliating/scrubbing) setiap satu hingga dua kali dalam seminggu. Hal rutin ini sangat membuat mengatasi kulit kusam dan kulit kering.

    Produk andalan krim pencerah kulit aku untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam adalah sepasang produk Erha Truewhite Activator ini yang terdiri dari Body Scrub pencerah kulit dan Brightening Moisturizer yang buat aku kini bisa mengatakan selamat tinggal pada kulit kusam dan selamat datang kulit sehat.

    Erha 21 Truwhite Activator Body Scrub

    Yang buat aku jatuh cinta dengan kedua produk pencerah ini adalah karena kandungan bahan alami yang sudah teruji secara dermatologist aman digunakan sebagai krim pencerah tubuh.

    Produk untuk exfoliating nya aku pakai Erha 21 Truwhite Activator Whitening Body Scrub

    Erha Truwhite Body Scrub Source : erha.co.id

    Truwhite Activator Whitening Body Scrub ini adalah Body Scrub Pencerah kulit yang mengandung bahan-bahan yang innovative dengan quality control yang sangat baik terdiri dari;

    ✅ Active Whitening System untuk mencerahkan warna kulit secara nyata
    ✅ Scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati menjadikan kulit halus dan sehat serta butiran scrub khusus dengan bentuk bulat dan halus yang tidak mengiritasi.
    ✅ Menthol nah, yang paling aku suka saat pemakaian adalah ada sensasi dingin dari kandungan menthol nya.
    ✅ Kandungan Niacin-amide yang ada pada scrub Erha ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sintesis kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan meningkatkan fungsi barrier kulit.
    Shea butter dan d-panthenol untuk meningkatkan kelembapan kulit juga berfungsi sebagai bahan antiinflamasi dan mengurangi iritasi.

    Cara Pemakaian :

    Ini adalah mini video cara pemakaian dua produk Erha 21 Truwhite Activator Body Series ya 😁

    Pertama, gosokkan secara merata dengan gerakan melingkar ke seluruh tubuh
    Bilas dengan air hingga bersih dan gunakan secara teratur 1-2 kali seminggu.
    Untuk hasil lebih maksimal, gunakan dengan rangkaian produk TruWhite Activator Body Moisturizer.

    First Impression

    Kesan pertama saat pemakaian Erha 21 Truwhite Activator Body Scrub adalah kulit terasa lebih wangi, lembut dan lembab serta scrub yang lembut tidak membuat gesekan yang mengganggu kulit saat proses exfoliation, sel kulit mati dan daki mampu terangkat baik dan kulit tampak lebih cerah.

    Price :

    Harga Truwhite Activator Body Scrub kemasan tube 220gr ini adalah Rp. 199.000.- tapi kemarin aku lihat di website Erha lagi ada promo potongan harga hingga 50K.

    Erha Truwhite Activator Body Moisturizer

    Erha 21 Truwhite Activator Body Moisturizer For All Skin Type

    Untuk menjaga kelembapan sehari-hari dan mendapatkan hasil yang efektif menghindari kulit kering dan kusam aku juga menggunakan Erha 21 Truwhite Activator Body Moisturizer For All Skin Type krim pencerah kulit yang berfungsi untuk mencerahkan warna kulit secara nyata dan menjaga kelembapan kulit tubuh.

    Body moisturizer ini diformulasikan dengan tekstur ringan, mudah menyerap, dan tidak lengket sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

    Active Whitening dan AHA efektif mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih halus dan cerah serta membantu regenerasi sel kulit baru
    ✅ Collagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit
    ✅ Mulberry extract yang menghambat pembentukan melanin sehingga dapat mencerahkan kulit
     Niacinamide didalamnya berfungsi untuk meningkatkan sintesis kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan meningkatkan fungsi barrier kulit
    ✅ Sodium hyaluronate untuk meningkatkan kelembapan dan hidrasi kulit
     Allantoin sebagai anti iritasi dan memberikan efek soothing pada kulit

    Cara Pemakaian:
    Usapkan secara merata pada seluruh bagian tubuh pada pagi dan malam hari. Dan perlu dicatat saat penggunaan produk ini WAJIB mengaplikasikan sunscreen ya setelah menggunakan TruWhite Activator Body Moisturizer di pada pagi hari.

    First Impression

    Kesan pertama saat pemakaian Erha 21 Truwhite Activator Body Moisturizer ini adalah kulit terasa lebih wangi, lembut dan sangat lembab tapi tidak lengket karena meresap kulit dengan cepat dan kulit tampak lebih cerah.

    Price :

    Harga Truwhite Activator Body Moisturizer kemasan tube 250gr ini sama Rp. 199.000.- tapi kemarin aku lihat di website Erha lagi ada promo potongan harga hingga 50K.

    Erha Apothecary
    Source : Erha
    Erha Clinic Source : Erha

    Kedua produk ini bisa kamu dapatkan dari Erha Apothecary dimana saja atau pelayanan pembelian secara online alias OTC (over the counter) atau bisa langsung beli produk di Erha Apothecary yang ada di mall atau di Erha Clinic langsung karena produk ini termasuk produk yang dijual bebas tanpa harus konsultasi atau tanpa menggunakan resep dokter genks. Kamu juga bisa beli melalui official website Erha atau kunjungi Instagram account @erha.dermatology ya ❤️

    Nah, tips lainnya untuk mengatasi kulit kering dan kusam adalah;

  5. Gunakan Krim Tabir Surya
    • Pokoknya hindari keluar rumah dengan berada dibawah paparan langsung matahari langsung tanpa menggunakan krim tabir surya dengan SPF ya. Karena selain dapat membuat penguapan cairan dari kulit bertambah, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit kering serta dehidrasi. Terutama jika sedang menggunakan produk pencerah seperti Erha 21 Truwhite Activator Whitening Body Series ini perlu banget menggunakan krim tabir surya dengan SPF untuk mendapatkan hasil yang lehih efektif bahkan meski berada di dalam rumah sebaiknya pakai juga, karena sinar UV matahari tetap dapat masuk ke dalam rumah.The last but not least tips untuk mengatasi kulit kering dan kusam adalah;
  6. Olahraga Teratur
    • Ternyata, bergerak dan olahraga juga jadi penentu kulit sehatmu, karena dengan olahraga kita mengeluarkan racun tubuh melalui keringat sehingga kulit tambah lebih kencang, segar bugar dan bercahaya serta terhydrasi alami karena aliran darah yang lancar. Banyak kok public figure yang menyerukan untuk rajin berolahraga hingga bisa mencegah sel kanker tumbuh dengan rutin berolahraga. Beberapa gerakan olahraga seperti sikap lilin juga ternyata bisa bikin kulit merona. Tapi kalau lagi puasa ya boleh di skip dengan olahraga ringan saja ya 😀

Well, Berdasarkan 6 tips diatas dapat disimpulkan ya bahwa bulan Ramadan dengan menjalani ibadah Shaum itu bukan satu-satunya penyebab masalah kulit kering dan kusam tetap kuncinya adalah hidup sehat dan rajin merawat tubuh dengan menggunakan produk yang sudah terpercaya seperti Erha 21 Truwhite Activator Body Series ini yang nyata hasilnya.

Sedangkan untuk momen Ramadan ini sendiri seperti yang aku katakan tadi adalah saat yang tepat untuk detox, menyiapkan makanan bergizi dengan bervariasi agar kulit pun dapat tetap terjaga selama berpuasa.

Kalau aku selain kesempatan untuk lebih mengutamakan hidup sehat juga dibarengi perawatan agar lebaran nanti harapannya bisa paripurna lah ya bersih lahir dan batin dengan kulit cerah dan sehat 🙂

Semoga tips nya bermanfaat ya 😀

Info Erha :

Website : erha.co.id
Instagram : @erha.dermatology

Erha Clinic Derma Center :

1. Erha DermaCenter Kemanggisan Jakarta
2. Erha DermaCenter Kelapa Gading Jakarta
3. Erha DermaCenter Pondok Indah Jakarta
4. Erha DermaCenter Bumi Serpong Damai Tangerang
5. Erha DermaCenter Bandung
6. Erha DermaCenter Yogyakarta
7. Erha DermaCenter Surabaya
8. Erha DermaCenter Medan

58 COMMENTS

  1. Wah, berfaedah sekali tipsnya nih. Aku juga berasanya kulit agak kering masuk di bulan puasa ini. Mungkin kurang minum dan buah kali yah.

    Dan pengen cobain juga nih scrub dari Erha supaya kulitku makin kinclong kayak arteis korea hehehe

  2. Jadi pengen nyobain body scrubnya. Supaya hasilnya lebih maksimal harus ditambahkan body moisturize juga ya? Okey, pengen dua-duanya, deh! :))
    Kebetulan sekali lagi ada diskon di website Erha, hampir 50% potongannya.

  3. Salfok sama Erha Clinic nya bagus amat, dulu rajin banget pakai erha karena memang produknya masih bisa terjangkau. Sekarang sudah di daerah dan susah dapatkannya kalau enggak pesan dari teman.

  4. Wah, ini memang buat kulit kering, ya? Jadi kepengen nyoba deh. Terutama yang Erha 21 Truewhite Activator Body Moisturizer-nya. Kulit tangan dan kakinya kasar bangeeet. Produk ERHA mah udah jelasss kualitasnya, ya.

    • Produk-produk ERHA yang udah terkenal dan terbukti cocok di kulit aku, selalu aja bikin aku mupeng. Walopun udah punya produk varian lain, lihat yang baru selalu aja kepengen punya juga. :)))

  5. Jenis kulitku juga kering nih, jadi butuh pelembab untuk mengatasinya. Jadi mau nyobain produk kulitnya Erha nih biar gak kering & kusam lagi

  6. Jadi tahu kalau penyebab kulit kusam dan kering di bln puasa karena kurang konsumsi air putih dan makan sayur atau buah…. Hrs bener2 diperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh kita selama bulan puasa ya mbak. Dan jadi tahu pula manfaat yang luar biasa dari Erha, ternyata bisa mengatasi kulit kusam dan kering…. Intinya untuk mendapatkan kulit sehat harus balance keduanya ya mbak baik asupan gizi maupun lotion yang tepat untuk jenis kulit kita….

  7. Betul mbak, semakin berumur semakin kering dan kusam ya kulit kita. Salah satunya sebab pola makan yang kurang sehat juga paparan polusi. Saya juga sekarang mulai memerhatikan kesehatan kulit dari ujung kaki hingga ujung rambut, sebab makin tua makin perlu perawatan ekstra

  8. Problematika kulitku, kulit wajah berminyak sementara kulit badan kering kerontang, dan memang kulit badan suka sering terabaikan dan udah hopeless aja sama kulit kering yang kayaknya susah lembap, jadi pengen coba produk erha ini, kayaknya bagus banget melembapkan dan mencerahkan kulit badan

  9. Duh, kulit saya banget nih. Suka kering dan kusam. Dan masih bingung gimana cara mengatasinya so boleh dicoba nih produk dari ERHA. Siapa tahu aja cocok di kulit saya.

  10. Bener banget, teh..
    Dari remaja dirawat, tapi yaa…gini-gini aja.
    Dan ga jaminan yaa…tinggal di dalam rumah terus, kulitnya bakal kinclong.

    Huhuu~
    Dan aku paling seneng mandi, cuci muka pakai air hangat.

    Pantes kering…

    • Erha berinovasi untuk kulit tubuh agar terawat semua niih..
      Suka banget kalau pas mandi, sambil ngebersihin daki dengan khusyu.
      heheh…packangingnya besar, dijamin lama abisnya.

  11. Aku pikir selama ini Erha tu konsennya ke produk buat wajah dan rambut aja, ternyata ada juga produknya yang buat seluruh tubuh. Aku jd pengen jg nyobain treatment pakai Erha ini mbak 😀

  12. Makin bertambah umur kelembaban kulit memang berkurang ya, jadi kalau nggak dirawat memang bisa bikin kering dan kusam. Butuh produk2 perawatan kulit seperti produk2 ERHA ini ya.

  13. aku kira kalo treatment di ERHA itu mahal lho mbak. Tapi kalau baca tulisan ini dan tau range harga skin carenya kayanya aku mampu nih. Waah pengen kinclong ah buat lebaran kan puasa kulit jadi kliatan kusem gitu huhu

  14. Having a great skin care is like an investment. It needs commitment and a lot of support in terms of financial I guess LOL. Good thing that you found what you like

  15. Wah ada yang baru lagi nih dari erha. Cuco deh dipake sekarang pas puasa biar kulit makin lembab dan cerah. No more kulit kering yah. Makasi loh teh infonya

  16. Produk produk erha emang juara teh, tapi aku baru tau ini ada buat perawatan badan juga, bisa dicoba nih buat kulitku karena sering kusam dan kering

  17. Aku baru tau erha ini ada bodycarenya juga teh.. tp harhanya lumayan ya, pantes hasilnya oke. Btw tipsnya oke2 teh, emg kl perawatan tubuh gak bs cuma dr luar aja..

  18. Ak sepenasaran itu sama si Erha activator moisturizer ini teh, kayaknya emang jadi lembab banget ya k kulit. Jujur bagian telapak tangan nih keadaannya bisa kering banget

  19. Perawatan sejak dini memang penting ya Teh. Keren Teh raisa udah peduli perawatan kulit sejak SMP. Lah… saya mah sampai usia 20an aja masih asik main matahari coba. Dududuh… tapi ga ada kata terlambat dong yaaa

  20. Kelembapan kukit dg asupan air tu bener bgt, coba deh jgan 2lt perhari tapi 10% dr tubuh. Jika berat 60kg ya 6lt. Kulit bakal moist banget tnpa skincare. Q prnah cobain,

  21. Moisturizer-nya Truwhite Erha ini akan jauh lebih keren lagi jika dimasukkan bahan tabir surya ke dalamnya. Karena lupa menggunakan tabir surya adalah penyebab utama kulit kusam.
    Aku rasa, kalau kulit tetap kusam juga setelah menggunakan scrub dan moisturizer-nya Truwhite, itu karena tidak mengaplikasikan tambahan tabir surya sesudahnya. Dan itu isu yang sering dihadapi emak-emak sibuk karena sering tidak sempat.

  22. Erha makin lengkap aja ya produknya, mudah dicari offline/online juga. Btw, body scrub nya perlu di tunggu berapa lama ya kak sebelum dibilas?

  23. Aku juga pakai produk erha untuk wajah dan rambut, dan baru ngeh erha punya varian untuk tubuh juga. Cocok buat kulit kering ku sehabis mandi, mau coba juga truwhite activator body series nya

  24. Penasaran beb sama erha body scrubnya. Jarang2 ada klinik kecantikan yang ngeluarin series produk untuk tubuh. Ku jadi kepo pengen cobain juga deh scrubnyaa.

  25. waaah aku belum pernah cobain produk erha yang ini nih beb, jadi penasaran pengen cobain juga sebenernya, soalnya hasilnya langsung keliatan juga ya

  26. wah body moisturizer, kayaknya aku butuh banget nih. secara kulit tanganku tuh kering banget, walaupun udah pake body lotion masih ajaa kering kayak gurun huhu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here