Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital – Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak.

Apa sih financial literacy itu?
Seberapa penting sih mempelajari financial literacy?
Apa saja manfaatnya mengajarkan money literacy untuk anak?

Sebenarnya semua pertanyaan itu yang ada dibenak saya saat akan mengikuti kegiatan parenting talk show “Mendidik Anak Terampil Kelola Uang Di Era Digital” Kamis, 17 Januari 2019 kemarin.

Anak-anak diajarin ngurus duit? Masa iya sih? Emak nya aja keteteran. Hehehe

Tapi saat mengetahui pematerinya adalah orang-orang handal dibidangnya saya langsung penasaran dan ingin sekali tahu trik dan tips nya mengajarkan anak money literacy ini.

Bertempat di sebuah Sekolah Dasar Negeri di Bandung, tepatnya di SDN 191 Babakan Surabaya Jl. Ibrahim Adjie No. 147 acara parenting talk show ini digelar dengan tema bertajuk “Anak Terampil Kelola Uang Di Era Digital” bersama pemateri luar biasa yaituย Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli M.Psi.,Psi.
serta Financial Planner, Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWPย 

Ternyata tidak hanya acara Parenting talk show saja yang digelar kemarin, para siswa SDN 191 Babakan Surabaya juga diajari langsung praktek tentang keuangan ini bersama kakak-kakak dari Prestasi Junior Indonesia dan Citi Peka. Mau tahu kegiatan hari kamis itu apa saja?

Yuk, kita gali bareng disini karena banyak sekali ilmu yang aku dapat kemarin.

Tentang Digital Financial Literacy For Children

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak

Ternyata kegiatan kemarin itu ada pencetusnya, mereka adalah Citi Indonesia (CitiBank) yang telah rutin menyalurkan ide-ide tentang ini melalui payung kegiatan kemasyarakatannya yang dikenal dengan Citi Peka (Peduli dan BerKarya) bekerjasama dengan sebuah lembaga non profit yaitu Prestasi Junior Indonesia (PJI) melaksanakan program ajar terhadap siswa kelas 3, 4, dan 5 di Indonesia tentang literasi keuangan, industri keuangan, terutama hal yang berkaitan dengan perbankan.

Dalam programnya Digital Financial Literacy for Children telah disiapkan 3 modul kegiatan oleh PJI yang melingkupi kehidupan bertemakan; “Keluarga Kami” , “Wilayah Kami” dan “Kota Kami”

Ditegaskan kembali oleh Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia, Bapak Agus Susanto

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia, Bapak Agus Susanto
Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia, Bapak Agus Susanto

“Karya nyata dari Citi Indonesia lewat program Citi Peka (Peduli dan Berkarya) yang sangat efektif mendukung Gerakan Literasi Nasional. Penggunaan media digital dipadu dengan konsep Gamification sangat tepat untuk anak-anak belajar literasi keuangan. Harapan luasnya dalam program ini dari beliau adalah “Semoga semakin banyak anak2 bisa menikmati modul-modul yang tersedia seperti yang diajarkan kemarin kepada para siswa, modul-modul yang melingkupi:

1. Keluarga Kami (Our Family) – belajar tentang needs/wants, jobs, skills and interdependence
2. Wilayah Kami (Our Region) – belajar tentang resources to create goods and services
3. Kota Kami (Our City) – belajar tentang “why banks are important” , “plan their own business

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Keceriaan anak-anak pada acara cara mendidik anak mengelola keuangan di era digital – Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak

Pada masing-masing modul sudah dirancang dan disesuaikan dengan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia dan tentu saja terdapat nilai dan pelajaran individu yang berkaitan dengan perbankan, bisnis, karir, komunikasi, pembangunan ekonomi, uang, produsen dan konsumen, sumber daya, pasokan dan permintaan.

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Bankir muda yang tergabung dalam Citi Volunteers turut terlibat di dalam kelas untuk memberikan ilmu perbankan dan ilmu keuangan

Tidak hanya team PJI yang mengajar ternyata bankir muda yang tergabung dalam Citi Volunteers juga turut terlibat di dalam kelas untuk memberikan ilmu perbankan dan ilmu keuangan lainnya untuk membantu siswa menyelesaikan modul melalui gawai yang telah disediakan.

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak

Saat berkesempatan mengunjungi kelas kemarin ternyata kegiatannya memang seru karena siswa-siswa diminta aktif mempresentasikan ide usaha mereka dengan memanfaatkan kekayaan sumber daya dari 3 modul tadi yaitu keluarga kami, wilayah kami, dan kota kami.

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak

Agar nilai-nilai pembelajaran bisa efektif dan berkelanjutan maka pada keagiatan kemarin tidak hanya anak yang diajarkan tentang money literacy namun Citi Indonesia juga memberi kesempatan kepada orangtua dan guru untuk belajar bersama Pakar Keuangan dan Psikolog Anak dan Keluarga yang didatangkan langsung dalam sebuah kegiatan Parenting Talk show untuk melengkapi harapan diatas tadi.

Parenting Talk Show “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital”

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Suasana Seminar Parenting Talk show “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital”

Seperti yang aku singgung sedikit diatas sesi parenting talk show ini diselenggarakan Citi Indonesia dan PJI bertujuan untuk mengoptimalkan program Digital Literacy for Children maka tema Parenting Talk show juga dibuatkan tema yang sesuai yaitu “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital” untuk memberikan motivasi kepada 100 orang tua siswa SDN 191 Babakan Surabaya Bandung, agar tak hanya menjadi bekal anak-anak tetapi memberikan pemahaman lebih jauh serta membimbing anak mendampingi saat mengelola keuangan di era yang serba cepat dan mudah ini.

Jika dikerucutkan poin utama dari tujuan sesi parenting talk show ini adalah :

  1. Memberikan pemahaman bagi orang tua untuk mengenali perilaku konsumtif pada anak serta dampak negatif jangka panjang jika dibiarkan terjadi secara terus menerus.
  2. Membangun kesadaran orang tua akan pentingnya memperkenalkan uang dan cara mengelolanya kepada anak-anak sejak usia dini.
  3. Memberikan motivasi dan dorongan kepada orang tua untuk memanfaatkan masa tumbuh kembang anak dengan membangun kebiasaan dan budaya kelola uang dengan baik.
  4. Membangun kesadaran orang tua mengenai pentingnya mengelola keuangan keluarga dengan baik sebagai bentuk teladan (role model) bagi anak-anak.

Agar tujuan-tujuan dan nilai yang diajarkan PJI teraplikasikan dengan baik maka diharapkan lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, serta lingkungan sosial bisa bersinergi untuk menciptakan habitus. Karena pendidikan nilai tidak terlepas dari pembentukan habitus melalui pelatihan/pengajaran, pembiasaan, pengalaman dan perjumpaan. Habitus dibangun melalui proses pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan sosial. Ungkap Bapak Agus Susanto”

Keterlibatan Citibank Dalam Program Digital Financial Literacy

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Elvera N. Makki Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia

Ibu Elvera N. Makki Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia mengungkapkan bahwa program ini sudah berjalan rutin secara bergiliran mendatangi kota-kota di Indonesia dan sudah 3 tahun bekerjasama dengan PJI serta Citi Volunteers untuk kelancaran seluruh kegiatannya. Semua kegiatan ini dilakukan murni semata-mata hanya ingin berbagi ilmu keuangan bersama masyarakat khususnya anak-anak di sekolah karena memang kebiasaan baik harus dilakukan dari dasar untuk menjadi sebuah habits.

Tidak ada sama sekali niat untuk menggaet nasabah untuk para orang tua atau pun siswa karena memang CitiBank tidak membuka tabungan di jenjang itu, saldo tabungan yang disetorkan rutin minimal harus 50jt jadi tidak mungkin membuka tabungan khusus pelajar atau anak-anak. Ungkapnya;

  • Sejalan dengan fokus bisnis Citibank yang mengedepankan digitalisasi perbankan, program Digital Financial Literacy for Children dimaksudkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai bagi anak-anak digital native ke arah yang positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman, komprehensif dan menyenangkan bagi anak-anak.
  • Program yang memasuki tahun ketiga ini merupakan bagian dari salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) dari Citibank Indonesia, yaitu inklusi keuangan bagi generasi muda terutama bagi anak-anak usia tingkat Sekolah Dasar.
  • Upaya dari program Digital Financial Literacy for Children tak terlepas dari dukungan para orang tua yang dapat membimbing anak-anak mereka untuk mengelola uang secara cermat dan tepat guna. Sehingga dapat memberikan manfaat keuangan di masa mendatang.
  • Karenanya melalui sesi parenting talkshow, Citibank berharap dapat memberikan pemahaman pengelolaan keuangan secara lebih lengkap kepada para orang tua agar dapat mendampingi anakanak mereka. Sehingga mampu mewujudkan generasi muda yang dapat memberikan kontribusi positif dalam era digital.

Tidak hanya harapan Pak Agus Susanto saja, harapan saya dan para orang tua lainnya juga pasti setuju bahwa program ini sangat baik dan diharapkan ilmunya tentang money literacy bisa didapatkan anak-anak serta siswa lain yang belum dapat kesempatan sekolahnya dikunjungi Citi Indonesia dan PJI.

Tips Mengelola Keuangan Untuk Keluarga dan Anak

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Mbak Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP pakar keuangan Indonesia CEO & Co-Founder ZAP Finance

Seseorang yang dihadirkan langsung untuk sesi Parenting Talk Show kemarin salah satunya adalah Mbak Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP seorang pakar keuangan Indonesia CEO & Co-Founder ZAP Finance yang juga rajin berbagi tentang pengelolaan keuangan di blog nya pritaghozie.com jadi sangan mudah jika ingin belajar langsung dengan beliau melaui pelatihan-pelatihan yang beliau adakan.

Tetapi sekali lagi berkat Citi Indonesia kemarin saya bersama orang tua siswa lainnya berkesempatan belajar dengan seorang pakar keuangan langsung tanpa harus repot cari jadwal sampai membayar, sudah dihadirkan didepan mata langsung ๐Ÿ˜€

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak

Karena yang hadir rata-rata adalah full time mom maka diberi beberapa contoh dan simulasi serta tips investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti membeli logam mulia, Tabungan Rencana, Usaha.

Namun tetap pada dasarnya orang tua juga harus mengelola pengeluaran apakah itu keinginan atau kebutuhan jangan sampai aturan money literacy yang sudah diajarkan hanya berlaku untuk melatih anak saja sedangkan orang tua tidak membatasi setiap pembelian. Kembali lagi pada tujuan awal yaitu pengelolaan keuangan ini berlaku untuk orang tua dan anak sehingga terbentuk habit yang saling mendukung.

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital - Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Roslina Verauli M.Psi.,Psi atau Bunda Uli, Psikolog Anak dan Keluarga

Penyataan ini selaras dan juga disetujui oleh pembicara kedua yaitu Roslina Verauli M.Psi.,Psi atau Bunda Uli sapaan akrabnya yang kita kenal sebagai Psikolog Anak dan Keluarga. Kemarin Bunda Uli berpesan kepada orang tua agar selalu berkomunikasi bersama anak-anak lalu beri perhatian dan cinta lalu pesan tentang pengajaran money literacy khususnya untuk para ibu katanya “Emosi tidak dibayar dengan konsumsi”

Bunda Uli tahu banget penyakit para ibu yang suka lapar mata kalau pas emosi ya. Hehehe

Tapi memang bener kan ya? Untungnya kemarin aku rekam jadi selalu terngiang-ngiang pesan Bunda Uli ๐Ÿ˜€

Nah, agar kena juga pesannya silahkan ditonton rangkuman acara kemarin ya biar terngiang-ngiang juga ilmunya putar ulang-ulang deh ๐Ÿ˜€

19 COMMENTS

  1. sosialisasi pengelolaan keuangan seperti ini perlu sekali.
    Aku tertarik saat anak diajak membuat presentasi tentang ide usaha..wah, sejak dini dikenalkan literasi keuangan begini bagus banget tuh
    Sehingga mengantisipasi pola konsumtif terjadi.
    Kepedulian Citi melalu kegiatan ini bisa ditiru banyak pihak,sehingga lebih banyak yang akan peduli dengan pengelolaan keuangan yang baik nantinya

  2. Event kayak gini bagus banget karna perilaku boros memang sering nya akibat terbiasa dari kecil. Seharusnya anak anak disiplin keuangan sejak dini supaya pas udah besar mereka bisa lebih jeli menggunakan uang. Seru deh bisa ikutan event ini !

  3. Wah mengatur keuangan memang harus dimulai sejak dini yah mom,ankku jg sdh aku ajrin nabung yg pertama sama kedua sdh aku bikinin atm satu2 tp agk susah yg pertama borosnya klo punya duit dikit mikirnya pengen lgsg k toko mainan๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ซ

  4. Indeed. Bukan hanya org dewasa, anak anakpun perlu diajari soal literasi keuangan secara sederhana ya mom krn membangun kebiasaan baik menabung kudu sejak dini.

  5. Wah pengisi acaranya keren2 ada psikolog anak, ada pakar keuangan ๐Ÿ˜€
    Anak2 emang perlu diedukasi ttg literasi keuangan sejak dini ya mbak. Supaya tau juga bahwa uang itu berharga. Jd kalau minta uang jajan mereka akan tau bahwa gak semuanya harus dijajanin, kudu disayang2, ditabung jg hehe

  6. Yogya udah ada atau belum ya program seperti ini..?
    Btw Slsaya setuju banget bahwa pendidikan pengelolaan keuangan untuk anak harus juga melibatkan orang tua. Dengan demikian ilmunya bisa diterapkan bareng. Biasanya anak akan senang melakukannya karena saling mendukung.

  7. Program Digital Financial Literacy ini amat bermanfaat untuk masyarakat agar lebih memahami soal keuangan,dan penting juga untuk sejak dini diajarkan literasi keuangan kepada anak-anak

  8. Programnya bagus banget deh. Mendidik anak punya literasi finansial yg baik, apalagi jaman sekarang kan perilaku konsumtif akibat lifestyle gak cuma menyerang orang dewasa aja. Anak2 sering kepingin beli ini itu cuma karena temennya udah punya.

    Semoga CitiBank mau mengadakan acara kaya gini di kota-kota lain juga ๐Ÿ™‚

  9. Seru banget teh acaranya. Konsepnya juga keren banget. Mendidik anak supaya tidak boros. Pengen ikutan teh kalau ada acara edukasi untuk orang tua kayak gini. Biar bisa ikutan belajar mengelola keuangan jugaa. Hihi

  10. Baru baca judulnya udah seneng gitu kok keren sih program nya. Anak-anak dilatih utk bisa menajemen keuangan sedini mungkin agar bijak dlm menggunakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here