Saya yakin bahwa kecerdasan setiap anak berbeda sesuai potensi dan minat yang mereka miliki tapi kekhawatiran saya sebagai orang tua muncul saat menyadari aktifitas mengajari anak dirumah anak justru terlihat sering melamun dan memikirkan hal-hal lain ini berarti fokus yang bertahan sebentar dan konsentrasi belajar anak pertama saya yang masih terhitung kurang dan lambat untuk kategori anak usia 9 tahun.

Kekhawatiran ini pun didukung dengan laporan guru disekolah yang mengeluhkan nilai anak saya karena masuk jajaran posisi nilai terendah padahal sehari sebelum ulangan soal-soal latihan itu sudah dibahas bersama dikelas dan ini yang membuat saya semakin kaget, ada apa dengan anak saya.

Sebenarnya saya bukan tipe orangtua yang menerapkan dan hanya terpaku pada nilai tinggi anak disekolah karena saya yakin anak saya cerdas dan mampu mengikuti pelajaran-pelajaran di sekolah mungkin anak saya membutuhkan sebuah cara dan gaya belajar yang tepat agar belajar terlihat lebih menarik untuknya.

Untuk mengatasi masalah ini aku sempat browsing faktor-faktor penyebab anak saya kurang fokus saat belajar serta mencari solusi untuk membantu anak saya kembali antusias saat kegiatan berlajar berlangsung baik dirumah dan disekolah.

Tidak hanya saya, kondisi ini pasti kerap membuat orangtua bingung. Namun sebagai orangtua pertama-tama tentu harus menyikapinya dengan bijaksana terlebih dahulu dan berusaha mencari solusi. Hal yang jangan sampai terjadi adalah langsung memvonis anak dengan mengkategorikan mereka nakal, malas atau bodoh. Jangan sampai ya moms, lebih baik dukung anak untuk meningkatkan konsentrasi belajarnya dengan 10 cara mudah dan sederhana berikut ini!

  1. Perhatikan waktu istirahatnya

Beri dan biarkan anak untuk beristirahat yang cukup, kelelahan adalah faktor pertama anal menjadi kurang optimal saat belajar karena dia merasa kelelahan. Kita bisa membiasakan anak tidur siang dengan durasi 1- 2 jam. Selain itu kita juga harus mengatur waktu tidur malam mereka, jangan sampai tidur terlalu larut karena anak yang tidak tidur nyenyak pada malam harinya, akan mempengaruhi konsentrasi belajar anak pada keesokan harinya disekolah.

  1. Mengontrol asupan makanan

Aku biasa mantengin akun healthy chef yang ganteng itu loh moms, dan aku pernah catat pesan penting dari Chef tersebut yang bilang bahwa Pola makan sehat sangat berpengaruh terhadap daya konsentrasi tidak hanya anak kita orang dewasa pun termasuk.  Hal pertama adalah hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Salah satunya bikin ngantuk karena kadar gula yang tinggi dalam  tubuh dapat menyebabkan sistem tubuh terganggu sehingga menimbulkan efek samping anak menjadi mudah mengantuk dan lesu. Siapkan makanan yang mendukung kecerdasan seperti memberi asupan omega 3, protein, dan kalsium. Protein yang tinggi akan berpengaruh pada fungsi otak, anak akan lebih mudah berkonsentrasi.

  1. Biasakan Olah raga teratur

Jujur kalau masalah aktif gerak anak aku termasuk salah satunya. Kadang aku sampai nyeletuk “diem dong” Hahaha

Buat moms yang melihat anaknya jarang bergerak tips ini wajib banget dilkukan yaitu meningkatkan aktifitas fisik anak dengan mengajaknya berolahraga seperti bersepeda dan bermain bola. Kalau anak aku kebetulan aku ikut sertakan latihan Taekwondo nih moms alasannya karena dia suka, ketika anak melakukan aktifitas fisik, aliran darah akan lancar dan dikirim ke otak, sehingga anak tidak mudah lesu dan dapat meningkatkan konsentrasi pada mereka.

  1. Batasi anak menonton televisi dan bermain gadget

Ingat sebuah ayat Al-Qur’an yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Begitu pun pada sebuah aktivitas moms salah satunya aktivitas yang sedang digandrungi anak-anak zaman now gadget addict dan senang menghabiskan waktu di depan televisi. Terlalu banyak main games dan menonton televisi akan membuat anak pasif dari kegiatan intelektual dan fisik mereka, seperti membaca, mengerjakan PR, bermain di luar, dan berinteraksi dengan teman-teman serta keluarga. Bahkan mereka cenderung menjadi anak yang tidak peduli dengan lingkungannya.

So moms, karena masih anak-anak kita yang atur cara mainnya jangan sampai membiarkan anak melampaui batas main apalagi sampai anak tertidur dan televisi dibiarkan terus menyala atau earphone yang nempel ditelinga semalaman. Suara dan radiasi televisi dan gadget karena sebenarnya hal ini akan mempengaruhi kualitas tidur anak sehingga mempengaruhi  konsentrasi mereka.

  1. Beri penghargaan

Moms, anak itu suka dipuji. Maka berikan penghargaan atas setiap keberhasilan anak sekecil apapun itu. Ketika anak bersikap patuh mau mengerjakan sesuatu untuk kita itu sudah merupakan prestasi tersendiri jangan lupa beri pujian atas sikapnya dan rasa terimakasih.

  1. Komunikasi dua arah

Sering-sering lah berkomunikasi dengan anak seperti membicarakan langsung apa yang menyebabkan dia susah belajar dari hati ke hati. Aku pun melakukan itu aku Tanya kenapa nilainya bisa sampai anjlok padahal sudah belajar. Dan ternyata jawabannya simpel, katanya lupa 😀

  1. Ciptakan lingkungan yang nyaman

Konsentrasi belajar juga dipengaruhi oleh situasi dan lingkungan yang kondusif jangan terlalu banyak pernak-pernik yang mengalikan konsentrasi belajar khusus di ruang belajar karena cahaya lampu yang terlalu terang pun bisa mengganggu konsentrasi.

  1. Atur posisi tubuh

Posisi tubuh juga mempengaruhi konsentrasi belajar. Jangan belajar dengan posisi yang salah, seperti tiduran, badan membungkuk atau setengah tidur. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar dan kursi yang membuat anak nyaman untuk belajar. Aku juga biasanya mengingatkan saat anak berangkat sekolah. Agar saat dia belajar di sekolah, dia akan duduk dengan posisi tegak.

  1. Deteksi dini kesehatan anak

Ini hal kadang suka aku lupa nih moms. Ternyata anak yang mengalami kesulitan konsentrasi sebaiknya diteliti dan diperiksa mengenai kesehatan dan kondisinya juga seperti karena lapar atau haus tapi anak gak bilang, atau terkadang masalah sepele, seperti sariawan juga dapat mengganggu konsentrasi mereka. Dengan mendeteksi juga kita bisa mengetahui apakah anak mengalami masalah pendengaran atau penglihatan makanya kita harus waspada ya moms. Karena bisa jadi anak sulit konsentrasi karena ada sesuatu hal di telinganya sehingga mereka membutuhkan alat bantu dengar atau anak sulit untuk melihat tulisan di papan tulis sehingga mereka butuh kaca mata.

Selain itu, hal lain yang perlu di amati orangtua adalah apakah si anak mengalami gangguan hiperaktif defisit perhatian atau Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD).  Moms, anak  yang mengalami ADHD sulit untuk berkonsentrasi dan membutuhkan terapi khusus dibandingkan dengan anak normal yang mengalami kesulitan konsentrasi. Hal ini perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami kesulitan konsentrasi biasa atau karena ADHD. Untuk mendeteksi ini maka kita butuh tenaga ahli seperti melakukan test atau konsultasi pada psikolog.

  1. Ciptakan suasana belajar yang menarik

Untuk menciptakan suasana belajar yang menarik jujur aku sangat membutuhkan bantuan karena aku harus mencari tahu potensi kecerdasan kognitif anakku itu ada dibidang apa saja sehingga mudah memberi treatment cara belajar yang memang bisa dia terima. Dengan mengetahui kecerdasan kognitif ini Insya Allah semua pelajaran pun akan bisa diterima dengan baik karena kita sudah tahu sebuah cara yang tepat untuk anak bisa berkonsentrasi saat belajar.

Untuk mengetahui kecerdasan kognitif anak harus diikut sertakan dalam test psikologi. Banyak lembaga test seperti ini bahkan mengunggulkan bahwa system test dan teknik belajar mereka yang dianut dari cara belajar luar Negeri tapi aku pikir semua itu akan percuma karena jelas budaya dan system belajarnya berbeda dengan system di Indonesia yang masih dalam tahap peningkatan.

Sudah beberapa lembaga test kecerdasan kognitif dilakukan bahkan sampai ada yang mendatangi ke sekolah tapi tetap tidak memberi jawaban sampai akhirnya aku kembali browsing dengan kata kunci “Test Kognitif” dan menemukan AJT CogTest diurutan pertama laman pencarian. Penasana juga dong moms apa itu AJT CogTest?

AJT CogTest ini adalah alat tes kognitif satu-satunya berupa tes kecerdasan yang dikembangkan sesuai norma Indonesia yang disesuakan berdasarkan karakter dan budaya Indonesia, AJT CogTest ini disediakan oleh PT Melintas Cakrawala Indonesia ( PT. MCI )

Moms dari awal AJT CogTest ini sudah beda karena hasil test yang diberikan bukan hanya satu skor test IQ berapa persen yang mencakup keseluruhan kemampuan kognitif, sikap anak dan sebagainya seperti kebanyakan test yang lainnya. Namun, AJT CogTest ini akan menunjukkan bidang-bidang kognitif yang menjadi kekuatan atau kelemahan seorang individu.

Kita menyadari bahwa kita pun tidak bisa memiliki segala kemampuan dalam setiap bidang kan? Melalui AJT CogTest ini kita jadi tahu apa yang bisa dikembangkan pada kecerdasan kognitif anak? Jadi dia belajar sesuai kemampuan kognitif diri sendiri.

Tes kognitif AJT ini diperuntukkan bagi individu yang berusia 5 hingga 18 tahun. Bagi orang tua yang melihat anaknya mengalami kesulitan belajar, maka sangat disarankan untuk segera menganalisis masalah tersebut dengan tes kognitif AJT ini.

Tentang AJT CogTest

Nah moms, dalam tes kognitif yang bernama ‘AJT Cognitive Test Battery’ ini nantinya akan mengukur kecerdasan anak dari 8 aspek yaitu fluid intelligence, working memory, long-term storage, long-term retrieval, processing speed, comprehension knowledge, visual processing, dan auditory processing.

Dari hasil tes AJT CogTest tersebut, orangtua, guru, maupun psikolog bisa memberikan kebutuhan edukasi yang sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing pelajar, sehingga treatmennya benar-benar tepat dan potensinya bisa teroptimalisasi secara baik.

AJT CogTest ini adalah test kognitif yang sangat cocok untuk anak-anak Indonesia, karena :

  • PT Melintas Cakrawala Indonesia adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menawarkan AJT CogTest, tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia.
  • AJT CogTest merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.
  • AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory).
  • AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.
  • Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.
  • Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.
  • Jenis paket Tes Kognitif AJT ada 2:
    1. AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
    2. AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.
  • Biaya AJT CogTest:
AJT CogTest Full ScaleAJT CogTest Comprehensive
Rp760.000Rp1.200.000
  • AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI.
  • Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Moms, menurut Psikolog McGrew “Ketika banyak hal telah dilakukan namun anak tidak ada perkembangan, berarti ada yang salah dengan metode pembelajaran yang saat ini dilakukan. Lebih baik gali lebih dalam,”

Benar ya apa yang dikatakan beliau, begitu juga kita sebagai orangtua ya moms, tidak ada yang sulit kita harus mengusahakan yang terbaik saja untuk anak-anak kita karena dengan cara ini kita telah membantu mereka memberi yang terbaik untuk masa depan nya.

Semoga masalah kesulitan belajar anak-anak segera teratasi kalau aku, aku yakin anakku cerdas hanya saja dia membutuhkan metode belajar yang tepat dan aku sangat berterima kasih pada AJT Cogtest.

Untuk moms yang ingin tahu lebih lanjut tentang AJT CogTest ini selain di websitenya, informasi juga bisa cek di akun instagram @melintascakrawalaid. Bisa juga menghubungi WhatsApp customer service-nya nomor HP ini 087883258354.

Website : http://www.melintascakrawala.id
IG : @melintascakrawalaid
Yuk moms, mari kita kenali kemampuan anak!

7 COMMENTS

  1. Deteksi dini kesehatan anak, hmm itu menurutku penting banget mbaa… Karena kalo ortu lambat mendeteksi taruhannya masa depan anak. Hiks… Semoga kita bisa membersamai masa2 dengan anak dengan baik ya mba

  2. Iya sih anak-anak jadi tambah semangat ya kalau diberi pujian. Sayangnya aku sering lupa dan nggak aware buat kasih penghargaan ke anak. Terima kasih Mbak sudah ingetin yaa…

  3. Aku tertarik bgt nih mba, karena sangat penting mengetahui kecerdasan anak sejak dini dan cara belajar yg tepat agar bisa menyesuaIkan cara belajarnya jadi anak akan tetap happy belajar sesuatu .

  4. Olah raga yaaa.. ini kadang suka lupa deh mbaa. Makasih yaa.
    Belajar jg jadi lebih terasa fun klo badang bugar.
    Tes ini konsepnya cakep ya, klo udah diujicoba gtu jg makin pengin cobaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here