Sumber:tirto.id

Pengalaman adalah guru terbaik dalam setiap sisi kehidupan. Saat mengalami kesuksesan, jangan lupa untuk bersyukur dalam langkah hidup selanjutnya. Begitu pula saat kegagalan yang dialami, sebaiknya diingat juga apa yang menyebabkannya terjadi agar tidak diulang di kemudian hari. Bagaimana dengan pengalaman gagal mudik karena tidak mendapat tiket kereta lebaran? Sebaiknya jangan terulang saat mudik di tahun 2019 ini ya.

Ada beberapa penyebab umum lainnya yang menyebabkan mudik tidak bisa berjalan dengan mulus. Agar perjalanan mudik tahun 2019 bisa terwujud, yuk cari solusi dari setiap permasalahan yang umum terjadi tersebut.

1. Cuti Sudah Habis

sumber:@socialcut

Bagi perantauan yang bekerja dengan waktu yang terikat, agenda cuti perlu diperhitungkan dengan tepat. Apalagi jelang mudik lebaran, perjalanan hilir mudik dari kota ke kampung halaman hingga arus balik menjelang masuk kerja lagi sangat perlu diperhitungkan apakah akan memakai jatah cuti tahunan.

Beruntungnya lebaran tahun 2019 jatuh di pertengahan tahun, yaitu di bulan Juni. Kamu bisa menyimpan cuti tahunan di awal tahun dan memakainya untuk berburu tiket kereta lebaran serta baliknya sekaligus dalam sekali jalan. Dengan demikian, perlu perencanaan lebih matang dari sisi menjaga kesehatan serta pengaturan keinginan liburan di awal tahun.

2. Kenaikan Harga Tiket Mudik Tidak Terjangkau

Sumber:tirto.id

Satu hal yang wajib dipahami para perantau, saat mudik lebaran harga tiket transportasi akan cenderung naik lebih tinggi dibanding waktu lainnya. Oleh karena itu alasan tahun kemarin tidak bisa mudik karena tiket tidak terbeli, jangan terulang lagi. Sisihkan dengan cermat perkiraan harga tiket mudik dan balik lebaran dari berbagai moda transportasi.

Jika harga tiket pesawat untuk mudik melambung tinggi, rencanakan saja perjalananmu dengan membeli tiket kereta lebaran 2019. Dengan memilih perjalanan naik kereta api, kamu tidak akan dirisaukan oleh masalah kemacetan di jalan. Menghemat waktu, juga dapat menghemat anggaran tiket untuk mudik dan baliknya.

3. Terlalu Banyak yang Ingin Dikunjungi

sumber:@coryb

Mudik ke kampung halaman adalah hal yang paling dinanti. Baik oleh keluarga di rumah ataupun saudara dan tetangga serta teman dekat satu sekolah. Saat masih single, masalah berkunjung ke semua handai taulan itu pasti mudah teratasi. Berbeda ketika sudah berkeluarga, kamu wajib berkompromi dengan pasanganmu jika tujuan mudik berbeda.

Dengan kenaikan harga tiket kereta lebaran, disarankan untuk bergantian memilih akan mudik ke keluarga mana tahun ini. Memaksakan mengunjungi semua keluarga di saat bersamaan hanya akan menghabiskan energi serta tabunganmu untuk hidup di bulan setelah lebaran.

4. Jika Tetap Ingin Mudik ke Dua Keluarga

sumber:baomoi.com

Cermat-cermatlah mengatur hari libur dan jumlah kunjungan yang akan dilakukan. Apalagi jika tiket kereta lebaran di tangan ternyata mepet dengan jumlah libur yang didapatkan. Permasalahan waktu silaturahmi tahun kemarin yang tidak terlaksana dapat diatasi dengan pengaturan jadwal kegiatan harian yang wajib dipatuhi. Mau berkunjung ke rumah mertua pun tetap bisa dilakukan.

5. Tiket Kereta Lebaran di Tangan, Oleh-Olehnya?

sumber:semarangpos.com

Satu lagi masalah pelik yang dapat menjadi penyebab gagalnya mudik ke kampung halaman. Sangat tidak elok bagi perantauan untuk pulang tapi tidak membawa buah tangan. Padahal harga tiket kereta lebaran sendiri perlu menabung sejak dini, saat tidak ada anggaran untuk membawa oleh-oleh sebaiknya tidak usah memaksakan diri. Pikirkan saja waktumu yang berharga akan dihabiskan bersama keluarga.

Oleh-oleh bisa dibawakan di lain waktu lagi, jangan jadikan masalah ini sebagai pemberat langkahmu pulang ke rumah ya.

24 COMMENTS

  1. Mbaaaaaa mau komplen ah tips no 2 ✌✌✌ andai kan ada kereta bandung-padang mbaaaa. Mengingat pesawat domestik harganya selangit. Aku belum mudik sih. Jd berharap th 2020 tiket pesawat kembali spt sdia kala aamiin

  2. Baca artikel mba jadi pengen pesen tiket buat mudik juga, aduh kawatir nih harga tiket bakalan mahal bulan puasa nanti , klo saya mudiknya naik pesawat sih klo naik kereta api nanti gak sampe2 wkwk 😂

  3. Kalau mudik kedua keluarga memang agak berat satu di sana satu di sini, oleh karena itu biasanya mudik setiap tahun satu keluarga secara bergantian. Wah bener tuh mba ga usah pusing sama oleh2 karena lebih penting quality time sama keluarga di kampung.

  4. Bener banget ya mbak, masalah oleh-oleh juga itu yang kadang jadi penghalang kita gagal mudik. Padahal harga buat beli tiket aja udah melambung tapi masih mikirin buat beli oleholeh. Duh, daripada gagal mudik mending pikirin mudiknya aja dulu ya mbak.

  5. item yg terakhir, duuh klo maksain harus ada oleoleh mah bisa jadi gak pulang-pulang ya Mbak.
    secara pasti banyak banget yg udah ngantri minta oleoleh! Padahal di kampung pasti kita juga bakalan ngeluarin budget juga utk keperluan bersama. 😀

  6. Karena di daerahku gak ada kereta api, biasanya orang-orang yang mudik ke sini itu naik kapal laut atau pesawat terbang, Mba.

    Asyik juga yaa naik kereta, jadi pengen juga naik kereta soalnya saya belum pernah naik, hehehe 🙂

  7. Hiks, postingan kayak gini bikin baper deh :’)

    Kalau saya seringnya gagal mudik karena butuh dana besar.
    Dulu sih masih bisa dipaksa2in, sekarang?
    Sudahlah anak tiap tahun butuh uang daftar ulang yang lumayan.
    Plus tiket pesawat bikin pengen gantung diri huhuhu

    Ada opsi lain sih, pulang naik kapal, tapi plis deeehh, waktu habis di jalan dong huhuhu

  8. Nah iya tuh, soal oleh-oleh kadang jadi beban ya kalo naik transportasi publik. Harusnya digerakkan kegiatan nolak bawa oleh-oleh, yang penting pulang mudik aja udah rejeki kaan bisa bertemu keluarga dan teman masa kecil.

    Oiya, tiket mudik udah bisa dibeli ya, senengnya yang mau mudik

  9. Duh jangan sampe ya gagal mudik karena ketinggalan beli tiket kereta.. lebaran adalah moment silaturrahmi dengan keluarga besar, jadi harus dipersiapkan jauh jauh hari ya ka termasuk pembelian tiket kereta untuk lebaran.. semoga kita senantiasa diberikan kesehatan ya ka untuk dapat menikmati indahnya ramadhan

  10. teman-teman saya dari kemarin sudah pada berburu tiket mudik lebaran, katanya takut kehabisan dan biasanya kalau dekat-dekat juga harga kadang suka naik. Jadi kangen mudik naik kereta lagi 😀

  11. Masalah oleh-oleh itu juga jadi serba salah ya, untung aja aku gak pernah repot kaya gitu, seadanya aja yang penting kan udah mudik juga . Kalau mau ngasih2 ya paling ke orangtua aja hihihi. Wah pembelian tiket mudik udah siap2 ya dari sekarang ternyata

  12. Biasanya yang bikin pengeluaran lebaran membengkak selain karena tiket ya memang oleh-oleh, apalagi kalau ponakan banyak terus udah ditagih beliin baju satu-satu, hahahaa tombok banyak deh :))

  13. Alhamdulillah kampung halaman ku di Banten kak jadi ga pernah tuh ngerasain yang namanya berburu tiket kereta, hehehe… Naik commuter line aja cukup

  14. Aku dong mudik hahaha
    Kalo ga dapet tiket baliknya motoran paling mba. Kemarin pas di stasiun, ada yang udah mau beli tiket mudik trus mba penjaga tiket bilangnya dua minggu sebelum lebaran baru bisa

  15. Kalau aku lbh seringnya krn harga tiket mahal hahahaha. Eh maksudku pesawat sih, tapi ini kan lagi ngobrolin tiket kereta ya? Kalau saya biasanya naik kereta pas bukan lagi musim mudik, musim lainnya yang gak ramai gtu.
    Udah lama gak mudik ke dua tempat, dulu zaman saya msh kecil gtu, mudik ke dua tempat krn sejalur. Lha kalau skrng rumah ortu dan mertua jauh2an jdnya mesti digilir satu2 hehe.

  16. Dulu saat masih aktif jadi karyawan sering merasa galau kalau dekat hari mudik, karena libur yang sebentar dan nggak boleh ambil cuti, sementara banyak saudara yang mesti disambangi, kalau pakai kendaraan pribadi males banget macetnya karena pernah tuh kena macet sampai 16 jam saat perjalanan ke Tasik, duh bete banget, pernah sih mudik naik kereta karena males kena macet, alhamdulillah masih kebagian tiket.

  17. Aku belum jadi orang yang keribetan mudik. Tapi rata2 soal tiket yang melambung ya Mbak. Kalau beli jauh2 hari kadang lupa atau ada planing yg meleset

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here